​Komandan Al Qaida Tewas dalam Baku Tembak melawan Militer AS | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Komandan Al Qaida Tewas dalam Baku Tembak melawan Militer AS

Editor: Choirul
Jumat, 07 Februari 2020 16:47 WIB

Qassim al-Rimi, diklaim AS telah terbunuh dalam operasi militer, Kamis. foto: the guardian

BANGSAONLINE.com - Qassim al-Rimi, komandan Al Qaida untuk wilayah semenanjung Arab, diklaim telah dibunuh dalam operasi militer AS di .

Qassim al-Rimi mengaku bertanggung jawab atas penembakan di Stasiun Udara Naval Pensacola, Florida, tempat pelatihan peserta penerbangan Saudi. Dalam serangan itu, tiga pelaut Amerika tewas.

Donald Trump mengonfirmasi, operasi militer di menewaskan Qassim al-Rimi, seorang pemimpin al-Qaeda yang mengaku bertanggung jawab atas penembakan mematikan tahun lalu. Departemen Pertahanan maupun CIA tidak mengeluarkan konfirmasi resmi.

Al-Rimi adalah pendiri al-Qaida di Semenanjung Arab (AQAP). Afiliasi telah lama dianggap sebagai cabang jaringan global yang paling berbahaya untuk upayanya melakukan serangan di daratan AS.

Al-Rimi mengatakan dalam video berdurasi 18 menit bahwa kelompoknya bertanggung jawab atas penembakan 6 Desember di pangkalan itu. Dia menyebut penembak, perwira angkatan udara Saudi Mohammed Alshamrani, seorang "ksatria pemberani" dan "pahlawan".

Penembak melepaskan tembakan di dalam ruang kelas di pangkalan, menewaskan tiga orang dan melukai dua wakil sheriff sebelum salah satu wakil membunuhnya. Delapan lainnya juga terluka.

Pada bulan Januari, AS mengirim pulang 21 siswa militer Saudi.

Al-Rimi dianggap sebagai penerus Ayman al-Zawahiri, pemimpin Mesir dari operasi strategis al-Qaida yang diyakini berada di Pakistan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: theguardian

 

sumber : theguardian

Berita Terkait

Bangsaonline Video