Suhu Antartika Memanas, Es Mencair Lebih Banyak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Suhu Antartika Memanas, Es Mencair Lebih Banyak

Editor: Choirul
Jumat, 07 Februari 2020 16:34 WIB

Pangkalan Esperanza Argentina di Antartika – sejak Maret 2014 - mencatat hari terpanas pada Kamis kemarin. foto: Vanderlei Almeida / AFP via Getty Images

BANGSAONLINE.com - Antartika mencatat suhu terpanas, di titik 18,3C. Ini rekor baru, dari sebelumnya tercatat 17.5C pada Maret 2015. Efeknya, tanda pemanasan di Antartika terjadi lebih cepat daripada rata-rata global. Ini artinya lebih banyak es mencair.

Antartika mencatat suhu terpanas, dengan termometer stasiun penelitian Argentina 18.3C, mengalahkan rekor sebelumnya dengan selisih 0.8C. Bacaan tersebut, diambil di Esperanza di ujung utara semenanjung benua, mengalahkan rekor 17.5C Antartika sebelumnya, ditetapkan pada Maret 2015.

Sebuah tweet dari badan meteorologi Argentina pada hari Jumat mengungkapkan rekor tersebut. Bahkan dikerahkan kapal selam untuk mengeksplorasi mengapa gletser Antartika mencair begitu cepat

Semenanjung Antartika - daerah yang mengarah ke Amerika Selatan - adalah salah satu tempat pemanasan tercepat di bumi, memanas hampir 3C selama 50 tahun terakhir, menurut Organisasi Meteorologi Dunia. Hampir semua gletser di kawasan ini mencair.

Prof James Renwick, seorang ilmuwan iklim di Victoria University of Wellington, adalah anggota komite Organisasi Meteorologi Dunia ad-hoc yang telah memverifikasi catatan sebelumnya di Antartika.

Dia mengatakan kepada Guardian Australia bahwa kemungkinan komite akan berkumpul kembali untuk memeriksa catatan Esperanza yang baru. "Tentu saja catatan itu perlu diperiksa, tetapi sambil menunggu cek itu, itu adalah catatan yang benar-benar valid dan stasiun [suhu] terawat dengan baik."

"Bacaannya mengesankan karena baru lima tahun sejak rekor sebelumnya ditetapkan dan ini hampir satu derajat celcius lebih tinggi. Ini adalah tanda pemanasan yang telah terjadi di sana yang jauh lebih cepat daripada rata-rata global."

Dia mengatakan rekor suhu di Esperanza adalah salah satu yang paling lama berjalan di seluruh benua.

Renwick mengatakan suhu yang lebih tinggi di wilayah itu cenderung bertepatan dengan angin barat laut yang kuat bergerak menuruni lereng gunung - fitur pola cuaca di sekitar Esperanza dalam beberapa hari terakhir.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: theguardian

 

sumber : theguardian

 Tag:   dunia antartika

Berita Terkait

Bangsaonline Video