Penghasilan Sehari-hari Hanya Rp 30 ribu, Tetap Berjuang Merawat Dua Anaknya yang Disabilitas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Penghasilan Sehari-hari Hanya Rp 30 ribu, Tetap Berjuang Merawat Dua Anaknya yang Disabilitas

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muhammad Hatta
Kamis, 06 Februari 2020 14:45 WIB

Aktivitas sehari-sehari Muhammad dihabiskan di tempat tidurnya berupa cor-coran beralaskan perlak.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Muhammad (30) dan Yani (25), warga Dusun Krajan, Desa Karang Paiton, Kecamatan Ledokombo, , Jawa Timur, puluhan tahun hidup di atas tempat tidurnya berupa cor-coran berukuran 1x1,5 meter. Hal ini harus dijalani, lantaran mereka merupakan penyandang disabilitas.

Sedangkan orang tuanya, merupakan buruh tani dengan penghasilan pas-pasan. Meski demikian, baik sang ibu maupun kakak dan adik-adiknya, saling bahu membahu merawat Muhammad dan Yani dengan baik.

Perhatian warga sekitar pun baik. Para tetangga sekitar juga saling membantu meski semampunya.

"Ini kebetulan ibu saya (Iyah) sedang kerja ke sawah. Biasanya Dzuhur pulang untuk merawat Muhammad dan Yani," kata kakak pertamanya Siti Fadilah, Kamis (6/2/2020) siang.

Untuk penghasilan sebagai buruh tani, diakui Siti, hanya cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari. "Per hari, ibu saya ataupun suami yang sama-sama buruh tani, penghasilannya kurang lebih Rp 30 ribu. Kalau kerja sampai sore sampek Rp 45 ribu. Tapi itu pun hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari," katanya.

Siti mengatakan, jikalau ada bantuan, biasanya sembako dari tetangga, ataupun kalau tidak dari orang yang tiba-tiba datang ke rumah. "Tahunya ya dari orang-orang itu, mulut ke mulut. Tapi bantuannya sembako saja," ungkapnya.

Siti berharap, ada bantuan lebih yakni untuk membangunkan tempat yang layak bagi adik-adiknya itu. "Saya ingin agar mungkin ada yang bisa bantu untuk membangunkan tempat pembaringannya yang lebih layak. Karena kami hanya semampunya itu yang bisa dilakukan," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video