Warga Kelurahan Singonegaran Banyuwangi Keluhkan IPAL RSUD Blambangan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Warga Kelurahan Singonegaran Banyuwangi Keluhkan IPAL RSUD Blambangan

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Ganda Siswanto
Rabu, 05 Februari 2020 10:11 WIB

RSUD Blambangan Banyuwangi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Warga Kelurahan Singonegaran Kecamatan Kota Banyuwangi yang bertempat tinggal di sekitar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Blambangan, Banyuwangi resah. Mereka mengeluhkan limbah cair mengandung racun hasil dari aktivitas kesehatan RSUD. Diduga limbah itu sengaja dibuang di aliran sungai Kali Mayit.

Protes warga soal limbah berbahaya itu bukan tanpa bukti. Beberapa warga sekitar sudah berinisiatif mengambil sampel air buangan yang berasal dari hasil proses pengelolaan IPAL di aliran Kali Mayit. Lokasinya berada di belakang bangunan .

Selanjutnya, air limbah tersebut diisi ikan lele. Tak menunggu waktu lama, ikan lele tersebut kulitnya langsung mengelupas dan akhirnya mati.

Atas temuan tersebut, pihak saat dikonfirmasi melalui Kepala Bidang (Kabid) Penunjang Faiz Fadholi, S.Kep mengklaim tidak ada masalah dengan limbah cair yang berasal dari .

“Matinya ikan lele tidak diakibatkan oleh pembuangan IPAL dari RSUD. Buktinya bak kontrol yang ada di atas (IPAL dari RSUD) juga berisi ikan lele, tetapi nyatanya lele yang ada di bak kontrol itu malah sehat-sehat,” papar Faiz Fadloli.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video