Tikus di Jombang Tak Hanya Serang Padi dan Jagung, Tapi Juga Doyan Cabai, Petani Merugi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tikus di Jombang Tak Hanya Serang Padi dan Jagung, Tapi Juga Doyan Cabai, Petani Merugi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Aan Amrulloh
Minggu, 02 Februari 2020 14:36 WIB

Tampak cabai yang bekas dimakan tikus.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Petani cabai di Jombang dibuat resah dengan adanya fenomena yang tak lazim ini. Pasalnya, hama tikus yang biasanya ada pada tanaman padi dan jagung, kini menyerang tanaman lombok.

Seperti yang dikeluhkan oleh Eko Dwi Wibowo (39), petani cabai asal Dusun Segunung, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Jombang. Dirinya terpaksa memanen tanaman cabainya di usia dini. Lantaran takut habis karena dimakan tikus.

"Karena serangan hama ini, saya terpaksa harus panen dini. Kalau tidak ya tidak dapat uang. Paling tidak modal bisa kembali," ucapnnya sambil memanen cabai, Minggu 02/02/20.

Eko menjelaskan, serangan hama tikus di lahan cabai miliknya seluas 2.800 meter persegi ini, sudah berlangsung dua tahun. Hewan pengerat tersebut menyerang batang tanaman lombok. Setelah batang patah dan jatuh ke tanah, baru memakan cabai tersebut.

“Tikus hanya memakan isinya (biji cabai) saja. Namun kali ini serangannya sangat parah, dulu tidak pernah seperti ini, hanya sebentar terus hilang. Mungkin diperkirakan sejenis hewan pemakan tikus itu sudah punah, seperti ular sudah banyak berkurang,” pungkasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pertanian Jombang

Berita Terkait

Bangsaonline Video