​Berkat Gus Dur, Vihara dan Masjid di Jember ini Rukun Berdekatan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Berkat Gus Dur, Vihara dan Masjid di Jember ini Rukun Berdekatan

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yudi Indrawan
Sabtu, 25 Januari 2020 15:14 WIB

Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Pay Lien San di Desa Glagahwero, Kecamatan Panti, Jember yang berseberangan dengan masjid Al Barokah.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili juga dirayakan di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Pay Lien San di Desa Glagahwero, Kecamatan Panti, , Jawa Timur, Sabtu (25/1). Namun di ini, perayaan yang dilaksanakan serasa berbeda.

Pasalnya vihara itu hanya berjarak 5 meter dengan Al Barokah yang sering digunakan umat muslim untuk salat berjamaah. Sehingga nilai toleransi antara dua tempat ibadah sangat terasa.

Bentuk silaturrahim ini bahkan terjaga bertahun-tahun, meskipun hingga saat ini tidak ada yang tahu tempat ibadah mana yang lebih dahulu berdiri.

"Menyambut Tahun Baru Imlek 2571 ini, sebagai bentuk silaturrahim antar umat beragama, kami berbagi sembako dengan warga sekitar. Tapi ini tidak berlaku saat Imlek saja, saat Idul Fitri juga sama. Saling toleransi lah," kata Wakil Ketua TITD Pay Lien San Hery Novem Stadiono saat dikonfirmasi wartawan.

Menurutnya, momen Imlek ini adalah silaturrahim antara tua dan muda, dengan makan-makan bersama untuk menghilangkan perbedaan.

"Dulu rumah ibadah ini rumah kecil, banyak orang datang dan sendirian yang ngurus. Akhirnya dibangun vihara ini, dan umat juga semakin banyak. Kemudian direnovasi lagi tahun 2001 untuk jadi tempat ibadah, dengan bersebelahan dengan ini," ujar dia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video