Lakukan Sidak, DPRD Kota Blitar Temukan Pembangunan Fisik Lantai Dua Pasar Legi Belum Tuntas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lakukan Sidak, DPRD Kota Blitar Temukan Pembangunan Fisik Lantai Dua Pasar Legi Belum Tuntas

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Selasa, 21 Januari 2020 17:05 WIB

Komisi III DPRD Kota Blitar saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Legi, Selasa (21/1/2020).

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pembangunan Pasar Legi Kota Blitar yang sempat habis terbakar beberapa tahun lalu hingga kini belum tuntas. Hal ini diketahui, saat Komisi III DPRD Kota Blitar melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pembangunan pasar, Selasa (21/1/2020).

Melihat kondisi bangunan, diperkirakan pengerjaan proyek Pasar Legi baru selesai sekitar 70 persen. Utamanya di lantai dua, bangunan sama sekali belum layak untuk ditempati karena belum dipasang keramik.

"Secara keseluruhan tidak lebih dari 70 persen. Utamanya di lantai dua belum bisa dipakai sampai dengan lebaran. Kita tahu secara fakta, kondisinya banyak pekerjaan yang belum diselesaikan dan ironisnya gak ada anggarannya karena anggaran fokus di lantai satu," ungkap Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto.

Pagu anggaran pembangunan Pasar Legi sebenarnya mencapai Rp 50 miliar. Namun karena alasan efisiensi, saat lelang proyek pembangunan anggaran terpakai hanya mencapai Rp 39 miliar. Sedangkan sisa anggaran Rp 11 miliar tidak dimasukan di APBD 2020 untuk melanjutkan pembangunan Pasar Legi.

"Komisi tiga sangat menyayangkan karena ini sudah dianggarkan Rp 50 miliar, namun tender cuma Rp 39 miliar. Nah ini kan sebenarnya sisa Rp 11 miliar bisa untuk lantai. Nanti kita tunggu kepala dinas kebijakannya seperti apa," tegas Totok.

Totok mengatakan, sesuai laporan dari pelaksana proyek, pembangunan Pasar Legi sudah selesai 100 persen. Pekerjaan selesai 100 persen itu berdasarkan perencanaan dan anggaran yang disediakan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Blitar.

Namun, ternyata ada perubahan kontrak terkait spesifikasi proyek pembangunan Pasar Legi. Perubahan itu terkait pengalihan anggaran pembangunan di lantai dua untuk pembangunan pondasi di lantai satu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video