Tanam Kopi di Bawah Tanaman Apel, Begini Hasilnya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanam Kopi di Bawah Tanaman Apel, Begini Hasilnya

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Selasa, 21 Januari 2020 15:08 WIB

Oktavian, salah satu petani Dusun Buludendeng saat menunjukkan tanaman kopinya yang ditanam di sela-sela pohon apel.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Buah apel memang menjadi ikon karena sebagian besar pertanian di didominasi komoditas apel, khususnya di daerah Kecamatan Bumiaji. Salah satu contoh Desa Bulukerto. Di wilayah ini sektor pertanian yang paling dominan adalah pertanian apel dan jeruk.

Namun setelah ditelusuri lebih dalam, petani di RT 05 RW 03 Dusun Buludendeng, Desa Bulukerto tak hanya menanam apel. Mereka juga menanam kopi jenis arabica di bawah tegakan atau sela-sela pohon apel milik mereka.

Oktavian Dwi Suhermanto (23 tahun) yang merupakan salah satu petani Dusun Buludendeng menjelaskan, bahwa penanaman kopi di bawah tegakan apel tersebut bukanlah tanpa alasan.

Ia mengatakan, metode penanaman ini merupakan salah satu inovasi yang membuat hasil dari kopi tersebut memiliki aroma kesegaran apel, sehingga kopi tersebut memiliki cita rasa yang unik dan menarik untuk dinikmati. Menurutnya, kopi dapat menyerap aroma di sekitarnya.

“Awalnya, ide menanam kopi di tegakan pohon apel ini berawal dari ayah saya pada 2013 lalu. Tepatnya saat itu ayah saya mendapatkan bantuan dari Pemkot Batu berupa bibit kopi. Saat itu, ayah saya bingung mau ditanam di mana. Akhirnya ayah saya punya inisiatif untuk menanam bibit kopi tersebut di tegakan atau sela-sela tanaman apel di lahan kami,” ujar Herman, sapaan akrabnya. Selasa (12/1).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Kopi Kota Batu

Berita Terkait

Bangsaonline Video