​Lantik Kaper BPKP Jatim, Gubernur Khofifah Minta Raih Maturitas SPIP dan APIP Level 4 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Lantik Kaper BPKP Jatim, Gubernur Khofifah Minta Raih Maturitas SPIP dan APIP Level 4

Editor: tim
Senin, 20 Januari 2020 20:17 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melantik Alexander Ruby Setyohadi menjadi Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jatim, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin(20/1). foto: istimewa/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa melantik Alexander Ruby Setyohadi menjadi Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jatim, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin(20/1).

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jatim ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Kepala Pelaksana Tugas BPKP No. Kep-617/K/SU/2019 tentang pengangkatan dalam jabatan Kepala BPKP Prov. Jatim.

Dalam sambutannya, Gubernur Jatim yang akrab disapa ini meminta kepada Kepala BPKP Provinsi Jatim yang baru saja dilantik untuk membangun sinergitas dalam peningkatan SPIP dan APIP agar Provinsi Jatim dan kabupaten / Kota se-Jatim mampu meningkatkan pengeloaan adminitrasi keuangan yang terus meningkat sehingga dapat meraih Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level 4. Sekaligus pencapaian kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) level 4.

"Saya minta kepada Kepala BPKP agar kami bisa mendapat penguatan sistem pengawasan internal kami sehingga kita bisa naik kelas ke level 4. Dengan demikian harapannya ada provinsi yang pecah telur di level 4 yaitu Jawa Timur," harap orang nomor satu di Jatim ini.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga telah menerima penghargaan Pencapaian Maturitas SPIP Level 3 sekaligus Pencapaian Kapabilitas APIP level 3. Disamping itu, penghargaan Maturitas SPIP Level 3 ini juga diraih oleh 30 kab/kota di Jatim. Sedangkan, untuk penghargaan pencapaian Kapabilitas APIP level 3 juga diberikan kepada 4 Kabupaten di Jatim yaitu Bondowoso, Sumenep, Lumajang dan Banyuwangi.

"Kita telah menyaksikan bersama ada penganugerahan yang diberikan kepada kami, saya rasa semuanya sudah melaksanakan tugas secara maksimal. Namun demikian, saya harap ini tidak hanya bisa dipertahankan tapi juga ditingkatkan sehingga kita bersama- sama dapat naik tingkat ke level 4," terang .

juga mengingatkan sesuai pesan Presiden, bahwa setiap program anggarannya tidak hanya terkirim tapi juga terdelivered. Untuk itu, keberseiringan antara akuntabilitas yang dilakukan oleh APIP dan SPIP merupakan bagian yang penting dilakukan. Sehingga, manfaat dari seluruh program bisa langsung dilihat dan dirasakan oleh masyarakat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video