Adu Bidak Galang Interpelasi: 19 Anggota Vs 6 Partai Pengusung | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Adu Bidak Galang Interpelasi: 19 Anggota Vs 6 Partai Pengusung

Editor: .
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Senin, 20 Januari 2020 17:08 WIB

Jajaran Komisi II DPRD dalam giat RDP bersama eksekutif dan rekanan. foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Situasi politik di internal dewan pasca Rapat Dengar Pendapat (RDP) menyoal proyek mangkrak di Kota Mojokerto mulai mendidih. Sejumlah anggota DPRD tampaknya mulai berancang-ancang menggulirkan hak interpelasi.

Bidak telah dijalankan. Meski rawan terseok, manuver pemanggilan wali kota dipastikan telah masuk agenda sejumlah politikus parlemen setempat. Namun kabarnya, langkah tersebut akan berhadapan dengan dua partai pengusung Wali Kota Ika Puspitasari - Achmad Rizal Zakariah, yakni Fraksi Golkar dan Fraksi Gerindra.

Kedua fraksi ini mempunyai enam kursi. Sementara total anggota mencapai 25 kursi. Tapi, laju ke tahapan tersebut butuh dukungan minimal dua fraksi. Atau dukungan dari 50+1 anggota.

Dari informasi yang dihimpun menyebutkan, sejumlah anggota dewan yang berada di Komisi II, kini sudah menyampaikan hasil RDP jilid I, II, dan III ke fraksi masing-masing. Kini, tensi di internal fraksi mulai memanas. Tarik ulur kepentingan partai diperhitungkan guna jadi tidaknya mengusung hak interpelasi.

Ketua Komisi II, Moch. Rizky Fauzi mengatakan ketika disepakati tidak lagi menggelar RDP jilid IV, semua hasil RDP kembali ke fraksi masing-masing. "Semua sudah menyampaikan ke fraksi. Jadi ranahnya sudah di fraksi masing-masing," katanya, Senin (20/1/2020).

Lebih lanjut, Rizki mengatakan untuk fraksi PDIP, ia sudah menyampaikan ke fraksi. Bahkan, pembahasan soal penggunaan hak interpelasi kepada Wali Kota Mojokerto Ika Puspitsari sudah dibahas di fraksi PDIP.

"Sudah dibahas, ini tadi dibahas sampai dini hari," ujarnya.

Ia menambahkan dimungkinkan minggu depan hasil di tingkat fraksi akan disorong ke pimpinan DPRD. "Minggu depan mungkin sudah diusung ke ketua soal usulan interpelasi," paparnya.

Demikian dengan Agung Soecipto. Ia mengungkapkan bahwa dirinya sudah menyampaikan ke fraksi gabungan yakni fraksi Gerakan Keadilan Pembangunan. Ia menambahkan, kisaran minggu depan fraksinya akan mengajukan ke pimpinan.

"Sudah disampaikan, cuma kurang ke mas Gunawan (dari PPP, red) saja. Minggu depan ada hasil," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video