DPRD Bangkalan Studi Banding ke Badung Belajar Cara Tingkatkan PAD

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Subaidah
Jumat, 17 Januari 2020 15:35 WIB

Ketua DPRD Bangkalan Mohammad Fahad, bersama Wakil Ketua Khotib Marzuki dan Komisi B saat studi banding di Kabupaten Badung, Bali.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - DPRD Kabupaten Bangkalan melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Tujuan kunker tersebut, untuk mempelajari cara meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena PAD Kabupaten Badung cukup tinggi.

Hal ini sebagaimana disampaikan Hotib Marzuki, Wakil DPRD Kabupaten Bangkalan. "Dari studi banding ini setidaknya kita bisa belajar bagaimana cara peningkatan PAD yang dapat diterapkan di Kabupaten Bangkalan. Apalagi, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) baru saja memasang Tapping Box dan Portable Data Terminal (PDT) di hotel dan restoran untuk meningkatkan retribusi pajak," tuturnya.

Untuk itu, ia berharap pemasangan alat itu dapat meningkatkan kontrol Bapenda terhadap PAD dari sektor pajak. "Sehingga, pada tahun 2021 setidaknya PAD Kabupaten Bangkalan bisa meningkat antara 75 hingga 100 persen," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com (17/1/2020) melalui aplikasi percakapan WhatsApp.

"Oleh karenanya, Komisi B sedang studi banding ke Kabupaten Badung. Jadi kita ingin Kabupaten Bangkalan bisa mengikuti langkah Kabupaten Badung perihal peningkatan PAD-nya seperti apa," jelasnya. (ida/uzi/rev)