Surabaya Resmi Terapkan e-Tilang Mulai Hari Ini | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Surabaya Resmi Terapkan e-Tilang Mulai Hari Ini

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Kamis, 16 Januari 2020 22:23 WIB

Wali Kota Risma saat peresmian ETLE atau e-Tilang bersama Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kota akhirnya resmi menerapkan program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau mulai hari ini, Kamis (16/1/2020). Peresmian itu dilakukan langsung oleh Wali Kota Tri Rismaharini, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono, dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di Mapolda Jatim.

Peresmian itu juga dihadiri bupati atau wali kota se-Jawa Timur. Termasuk pula Kapolres se-Jawa Timur. Di Jawa Timur, menjadi yang pertama dan akan dijadikan percontohan bagi kabupaten atau kota lainnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Tri Rismaharini memastikan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) sudah sangat siap menerapkan e-Tilang ini. Ia memastikan, setiap 15 meter ada kamera di seluruh wilayah Kota .

“Kelebihannya kecepatannya 400 kilometer per jam bisa menangkap siapa yang mengemudikannya. Untuk kamera keamanan, kecepatan 80 kilometer per jam. Di dalam mobil bukan hanya wajah, gerak gerik juga terdeteksi, dan terkonek dengan data kependudukan seluruh Indonesia," kata Wali Kota Risma dalam sambutannya.

Menurut Wali Kota Risma, sebenarnya penerapan ETLE ini berawal dari kekhawatirannya karena dulu ada 10 kecelakaan lebih setiap harinya di Kota . Bahkan, setiap 2 hari sekali ada yang meninggal. Di samping itu, tahun lalu ada penculikan anak di sekolah sebanyak tiga kali. Karena itu, seluruh bangunan gedung di Kota dipasangi CCTV. “Semuanya itu bisa terkoneksi ke seluruh kamera kami,” tegasnya.

Ia mencontohkan apabila ada seorang pencuri, bisa dideteksi melalui baju atau kacamatanya atau hanya dengan gerak-geriknya. Melalui ETLE ini, akan bisa diketahui jalur perjalanannya hingga terakhir lewat mana. Melalui kamera itu pula nanti akan dipetakan jalur perjalanannya.

“Jadi, kamera ini akan membentuk jaringan atau peta di mana saja dia lewat. Makanya, kamera ini selain berguna untuk lalu lintas juga berguna untuk keamanan,” imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Surabaya e-tilang

Berita Terkait

Bangsaonline Video