DLH Pamekasan Bersama Warga Murtajih Gelar Aksi Bersih-bersih RTH dan Penghijauan

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yeyen
Kamis, 16 Januari 2020 21:59 WIB

Masyarakat sedang bersih-bersih dan melakukan pemeliharan RTH di Desa Murtajih.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pamekasan sebagai motivator aksi bersih-bersih dan penghijauan bersama-sama masyarakat melakukan gotong royong melakukan pemeliharaan lingkungan di sekitar Ruang Terbuka Hijau (RTH) Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Kamis (16/1).

Kegiatan yang juga mendukung program Bupati Pamekasan tersebut merupakan inisiatif dari beberapa desa dan kelurahan yang ada di bumi gerbang salam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pamekasan Amin Jabir menyampaikan bahwa beberapa desa dan kelurahan sudah mengamini untuk menata lingkungannya, termasuk penghijauan. Kebetulan Desa Mortajih sudah dicanangkan menjadi ekowisata dan eduwisata.

"Saya hanya mengapresiasi beberapa desa dan kelurahan yang melakukan aksi, baik itu aksi bersih-bersih dan aksi penghijauan. Sebagai bentuk komitmen kita tahun 2020 - 2023 kepemimpinan bupati baru ini, DLH akan berposisi sebagai motivator untuk aksi-aksi masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan kelompok-kelompok peduli lingkungan lainnya," ujar Jabir.

Jabir berharap, kegiatan tersebut bisa disebarluaskan sehingga desa-desa dan kelurahan lain yang memiliki tanah tidak produktif, terprovokasi untuk menata wilayahnya. Minimal, ditanami pohon yang nanti akan berfungsi sebagai tabung oksigen atau ruang terbuka hijau di Kabupaten Pamekasan.

Bahkan, untuk awal tahun 2020, sudah ada 5 desa dan kelurahan yang bekerja sama melakukan aksi. Di antaranya di Desa Durbuk, Sumedangan, Lawangan Daya. Kemudian juga akan ke Tentenan Timur, Tentenan Barat, dan Larangan Luar.

"Semuanya itu inisiatif dari mereka. Mereka berkirim surat karena ada beberapa tempat yang kumuh, kemudian ada beberapa ruang yang harus dibersihkan melibatkan kita sebagai langkah awal untuk menjadi gerakan-gerakan lingkungan ke depan. Mudah-mudahan ini diikuti oleh yang lainnya. Jadi posisi kita untuk mengangkat peran serta masyarakat dalam kegiatan lingkungan ini sebagai motivator," pungkasnya. (yen/ian)