Cari Bibit Unggul, SMK Telkom Sidoarjo Gelar Kompetisi Bola Basket se-Jatim

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Kamis, 16 Januari 2020 16:47 WIB

SELAMAT: Juara pertama putri SBC 2020, SMPN 3 Waru menerima piala dan uang pembinaan, Kamis (16/1). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - SMK Telkom Sidoarjo (Skomda) sukses menggelar kompetisi bola basket tingkat SMP se-Jatim pada 11-16 Januari 2020. Event bernama Skomda Basketball Competition (SBC) 2020 ini diikuti 44 peserta dari 23 sekolah di Sidoarjo, Surabaya, Bangil, dan Pasuruan.

SBC 2020 digelar untuk mencari bibit unggul dan berprestasi olahraga bola basket. "Kami juga ingin mengembangkan bola basket ini sebagai prestasi non akademik SMK Telkom Sidoarjo," cetus Kepala Skomda, Rahmat Dwi Jatmiko, Kamis (16/1).

Cabang Olahraga (Cabor) basket sendiri dipilih karena merupakan bidang olah raga yang banyak digemari oleh pelajar SMP/SMA/SMK.

Tidak hanya itu, melalui olah raga basket, pelajar juga dilatih untuk disiplin, kecepatan dalam mengambil keputusan, sekaligus melatih bagaimana kerjasama tim yang baik.

Babak final SBC 2020 digelar pada Kamis (16/1). Hasilnya untuk kelompok Putra, juara pertama disabet oleh SMPK 4 Petra Sidoarjo, juara dua SMPN 1 Sidoarjo, dan juara tiga (juara bersama) diraih oleh SMPN 2 Pandaan dan SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo.

Sedangkan untuk kategori Putri, juara pertama disabet SMPN 3 Waru, juara dua SMPN 2 Bangil, dan juara tiga (juara bersama) diraih SMPN 2 Sidoarjo dan SMPK 4 Petra Sidoarjo.

SBC 2020 ini rencananya akan menjadi agenda tahunan untuk peserta didik yang unggul dalam bidang non akademik. "Insya Allah akan kami gelar rutin. Tahun depan kami ingin lebih baik lagi," ungkap Rahmat Dwi Jatmiko.

Ke depannya, SBC tahun depan bisa turut serta melibatkan SMP lain di seluruh Provinsi Jawa Timur, Bali, atau mungkin saja Jawa Tengah.

Sebelumnya, SBC 2020 ini dibuka resmi oleh Kabid Pembinaan Pendidikan SMK Dinas Pendidikan Jatim, Dr Suhartono M.Pd. Sedangkan penutupan oleh GM Telkom Sidoarjo, Putra Dewanto.

"Luar biasa. Saya ucapkan selamat kepada SMK Telkom Sidoarjo yang telah menggelar kompetisi basket ini karena bermanfaat besar untuk mengenalkan SMK Telkom Sidoarjo ke masyarakat. Dan Insya Allah ini akan jadi SMK favorit di Sidoarjo," ungkap Putra Dewanto.

Kompetisi bola basket ini diapresiasi oleh Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sidoarjo. "Kompetisi semacam ini sangat membantu Perbasi. Karena kami juga menyiapkan tim kabupaten untuk kelompok umur (KU)," ungkap Binpres Perbasi Sidoarjo, Wahid Yulianto yang menghadiri penutupan SBC 2020. (sta/ian)