BUMDes Saptorenggo Resmikan Toko Modern

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Tuhu Priyono
Kamis, 16 Januari 2020 13:14 WIB

Kades Saptorenggo Suwaji (tengah) bersama para pengurus BUMDes usai meresmikan Saji Mart.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Setelah resmi disahkan pada akhir tahun 2019 lalu, kepengurusan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang seakan berlari guna mewujudkan impiannya.

Salah satu jenis usaha yang menjadi programnya, adalah mendirikan sebuah toko modern di samping kantor desa dengan merehab bagian depan gedung olah raga (GOR) Desa Saptorenggo. Gedung GOR itu disulap menjadi toko modern dengan nama “Saji Mart” yang diresmikan oleh Camat Pakis Agus Hariyanto, Kamis (16/1/2020) hari ini.

Dalam sambutannya, ia mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Desa Saptorenggo. “Ini merupakan desa ke-3 dari 15 desa yang ada di Kecamatan Pakis, yang telah mendidirkan toserba atau toko modern seperti ini,” terangnya.

Ia juga berharap agar desa-desa lain dapat menyontoh jenis usaha ini. Sebab, Kecamatan Pakis merupakan pintu gerbang dalam pengembangan pariwisata Bromo Tengger Semeru (BTS). “Bahkan di wilayah kita terdapat bandara yang tidak lama lagi menjadi bandara internasional. Bahkan untuk exit jalan tol juga ada di Pakis, yang tidak lama lagi akan terhubung dengan Kota Malang dan Kota Kepanjen, serta Jalur Lintas Selatan (JLS),” ujarnya.

Sementara itu, Suwaji, Kepala Desa Saptorenggo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur BUMDes, Purwantono, beserta jajaran pengurusnya yang telah dengan cepat merealisasikan toko modern ini. Ia berharap usaha ini ke depan dapat meningkatkan pendapatan asli desa.

Untuk itu, pihaknya juga berharap kepada seluruh warga di desanya mau berbelanja di Saji Mart demi kemajuan BUMDes Desa Saptorenggo. Sebab, Saji Mart juga menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga bagi, termasuk sajian oleh-oleh jika masyarakat akan bepergian.

Ia yakin, lokasi toko yang tak jauh dari Bandara Abdul Rahman Saleh membawa potensi tersendiri dalam pengembangan BUMDes mendatang. “Nantinya siapapun yang akan bepergian maupun yang datang dengan menggunakan transportasi udara bisa mampir di Saji Mart untuk berbelanja,” pungkas mantan Sekdes Saptorenggo itu. (thu/rev)