Cegah Korban Bencana Alam, Polresta Sidoarjo Bersama Petugas Gabungan Lakukan Perantingan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Rabu, 15 Januari 2020 21:35 WIB

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho ikut membersihkan ranting-ranting pohon usai dipotongi.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Polresta Sidoarjo dan dinas terkait terus berupaya meminimalisir korban bencana alam di Sidoarjo. Salah satu upayanya dengan memangkas sejumlah pohon yang berpotensi tumbang ketika tersapu hujan angin.

Seperti yang dilakukan Rabu (15/1), polisi dan petugas gabungan dari DLHK, PLN, BPBD, dan TNI bergotong royong memangkas sejumlah pohon di sekitaran Jalan Kartini, Sidoarjo. Pohon tua dan berdaun lebat menjadi sasaran petugas.

Menggunakan skylift truk, petugas memangkas dari atas pohon ranting-ranting yang menjulang ke Jalan Raya. Ranting pohon yang berada di bawah, kemudian dipotong oleh petugas dan diangkut menggunakan truk.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengungkapkan, kegiatan itu sengaja dilakukan sebagai langkah siaga tanggap bencana. Diketahui jika bulan Januari ini sudah masuk musim hujan. Tidak jarang jika hujan turun disertai angin kencang. Hal itu sangat memungkinkan menumbangkan pohon-pohon di pinggir jalan raya.

“Kami cegah korban, mulai pejalan kaki hingga pengendara yang melintas,” katanya.

Karena itulah, jalur-jalur utama di ruas jalan Sidoarjo bakal menjadi sasaran giat pemangkasan pohon. Dalam kesempatan itu, Kepala DLHK Kabupaten Sidoarjo Sigit Setyawan juga menegaskan jika pihaknya memang rutin melakukan pemangkasan pohon. “Kami juga ada tim khusus kepras pohon,” ujarnya.

Adanya giat gabungan ini dinilai sangat membantu tugas dari DLHK. Pihaknya juga akan terus menyisir titik-titik rawan pohon rubuh di Jalan Raya Sidoarjo. Hal itu untuk mencegah adanya pohon yang rubuh saat hujan menerjang. (cat/rev)