Gali Tanah untuk Septic Tank, Warga Jember Temukan Batu Kenong | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gali Tanah untuk Septic Tank, Warga Jember Temukan Batu Kenong

Editor: .
Wartawan: Muhammad Hatta
Senin, 13 Januari 2020 15:33 WIB

Batu Kenong yang ditemukan warga Dusun Tegal Bago, Desa/Kecamatan Arjasa, Jember dibiarkan teronggok.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Warga Dusun Tegal Bago, Desa/Kecamatan Arjasa, , Jawa Timur menemukan benda bersejarah saat sedang membangun septic tank di sekitaran rumah, Minggu (12/1/2020) kemarin. Diketahui benda bersejerah itu adalah sebuah Batu Kenong berukuran kurang lebih 60 x 50 cm, dan diketahui merupakan peninggalan budaya megalitik.

Bentuk batu itu silinder atau membulat dengan tonjolan di puncaknya, menyerupai salah satu alat musik gamelan, kenong.

Batu itu pun kini hanya dibiarkan di pekarangan rumah, karena penemu batu itu bingung harus melaporkan penemuannya ke mana. Informasi penemuan batu bersejarah itu hanya diposting di media sosial, dengan harapan ada yang bisa menginformasikannya secara benar.

"Saat itu pak tukang lagi menggali tanah untuk dibuat septic tank. Kira-kira dapat setengah meteran menggali, linggis yang digunakan untuk menggali tanah membentur benda keras. Sempat kita kira batu besar biasa," kata cucu pemilik rumah, Fiki saat dikonfirmasi wartawan, Senin (13/1/2020).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Jember budaya jember

Berita Terkait

Bangsaonline Video