Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Metode Diskusi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Metode Diskusi

Editor: Redaksi
Minggu, 05 Januari 2020 00:34 WIB

Wulan Ria Anggraini

Oleh: Wulan Ria Anggraini*

Keaktifan belajar siswa merupakan unsur dasar yang penting bagi keberhasilan proses pembelajaran. Pembelajaran yang baik hendaknya memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan potensi dan keaktifan siswa. Aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran perlu diperhatikan oleh guru, agar proses belajar mengajar yang ditempuh mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebab, kurangnya keaktifan dapat menyebabkan rasa keingintahuan dalam berbagai ilmu pengetahuan rendah. Hal ini disebabkan rasa malu dan kurang kepercayaan diri, khususnya ketika sedang berada di dalam kelas untuk belajar.

Untuk itu, kegiatan belajar mengajar harus diselingi dengan inovasi yang dapat memancing keaktifan siswa. Hal ini sekaligus mencegah siswa jenuh dan bosan saat pembelajaran berlangsung, akibat guru yang hanya menggunakan metode ceramah.

Dewasa ini, guru yang sudah mempunyai gelar sarjana atau master belum tentu bisa menguasai kelas sepenuhnya. Buktinya, masih ada seorang guru yang tidak tahu sifat dan karakteristik siswanya sendiri. Maka dari itu, sebelum pembelajaran berlangsung, seorang guru harus mempunyai metode pembelajaran. Terutama metode yang dapat menciptakan suasana pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Salah satunya menggunakan metode pembelajaran yang sesuai karakter siswa, yaitu metode diskusi.

Dengan adanya diskusi, akan terjadi pertukaran pikiran, gagasan, pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan dengan tujuan mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan atau pendapat. Melalui diskusi, guru juga bisa melihat potensi yang ada pada masing-masing anak. Harapannya, potensi itu ke depannya dapat dikembangkan secara optimal.

Penerapan diskusi bisa dengan cara memberikan suatu persoalan atau masalah kepada murid, kemudian para murid diberikan kesempatan bersama-sama untuk memecahkan masalah itu dengan temannya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video