Pemkab Sidoarjo Kupas Soal Pembiayaan KPBU di Seminar Mahasiswa Umsida | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkab Sidoarjo Kupas Soal Pembiayaan KPBU di Seminar Mahasiswa Umsida

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Selasa, 31 Desember 2019 00:59 WIB

BAHAS SKEMA ALTERNATIF: Seminar tentang pembiayaan KPBU di kampus Umsida, Senin (30/12). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - berupaya memberikan gambaran tentang Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sebagai alternatif pembiayaan pembangunan di kalangan mahasiswa.

Itu dilakukan dalam Seminar bertema Eksistensi Mahasiswa Dalam Membangun Sidoarjo yang digelar di kampus Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Senin (30/12).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sidoarjo, Ari Suryono sebagai pemateri, menjelaskan soal KPBU tersebut. "KPBU bukan hal yang baru di pemerintahan RI," cetus Ari Suryono.

Ia mengungkapkan beberapa proyek pemerintah yang dilakukan dengan skema KPBU, di antaranya pembangunan jalan tol di Indonesia. Salah satunya, jalan tol menuju Malang.

Dijelaskan Ari, pilihan memakai KPBU, karena pemerintah tidak bisa bergantung hanya dengan dana APBD dan APBN. Sehingga perlu alternatif pembiayaan untuk pembangunan, yang pembiayaannya dibagi dengan sektor swasta.

Ari berharap melalui seminar ini, mahasiswa bisa berdiskusi secara langsung soal skema KPBU, sehingga tidak hanya mendapatkan gambaran dari media massa maupun media sosial.

Ari juga menyampaikan alasan pemkab berencana membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Barat memakai skema KPBU. "Karena kita yakin dengan manajemen lebih modern dan operasional oleh swasta, risiko juga akan dibagi pemerintah dan swasta," bebernya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemkab Sidoarjo

Berita Terkait

Bangsaonline Video