Perbaiki Jalan Rusak Sepanjang 400 Km, Pemkab Blitar Butuh Dana Rp 531 Miliar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Perbaiki Jalan Rusak Sepanjang 400 Km, Pemkab Blitar Butuh Dana Rp 531 Miliar

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
Senin, 23 Desember 2019 19:43 WIB

Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dari total panjang jalan di seluruh wilayah Kabupaten Blitar sepanjang 1.383 km, sekitar 400 km di antaranya mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut beragam, ada yang masuk kategori ringan, sedang, hingga rusak berat.

Sayangnya, perbaikan seluruh jalan yang kondisinya rusak ini sepertinya tidak akan bisa direalisasikan sekaligus dalam waktu dekat. Pasalnya, biaya perbaikan jalan rusak yang menjadi tanggung jawab Pemkab Blitar ini dibutuhkan anggaran sekitar Rp 531 miliar.

Data ini disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto, usai DPRD meminta data dan penjelasan dari Dinas PUPR mengenai jalan rusak di Kabupaten Blitar. Dia menegaskan jalan kabupaten yang menghubungkan antar kecamatan dan jalan desa penghubung antar desa di setiap kecamatan lah yang menjadi tanggung jawab Pemkab Blitar.

"Selama ini kami memang sering menerima keluhan dari masyarakay masalah jalan rusak. Tapi yang juga harus dipahami masyarakat harus tahu jalan itu ada beberapa jenis. Ada jalan provinsi, jalan kabupaten dan jalan desa. Jadi yang bertanggung jawab untuk perawatan dan perbaikan, juga ada bagiannya sendiri," tuturnya, Senin (23/12).

Untuk mengatasi masalah ini beberapa solusi yang disiapkan dewan di antaranya, mencari pinjaman dengan bunga rendah. Kemudian pembayarannya dicicil, sesuai dengan kemampuan daerah. "Agar kualitas jalan bagus dan awet, selain dengan spek beton bertulang juga dikerjakan sampai selesai tiap ruas jalannya," imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video