Diduga Tercemar Limbah Buangan Pabrik, Ikan di Kali Lamong Mabuk | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Diduga Tercemar Limbah Buangan Pabrik, Ikan di Kali Lamong Mabuk

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Minggu, 22 Desember 2019 23:21 WIB

Kades Sukorejo Fathur Rahman menunjukkan ikan-ikan di Kali Lamong yang mati. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ikan-ikan yang ada di Kali Lamong terpantau mabuk dan mati, Minggu (22/12) sore. Kuat dugaan, ikan itu tiba-tiba mati karena habitat mereka tercemar.

Ikan-ikan yang mabuk itu di antaranya tampak di wilayah Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas. "Bisa tercemar limbah industri yang dibuang ke Kali Lamong atau limbah lain," ujar Kades Sukorejo Fathur Rohman saat dikonfirmasi terkait mabuknya ikan-ikan di Kali Lamong.

Menurut dia, ikan-ikan itu diketahui mabuk dan mati oleh warga Desa Sukorejo yang mayoritas nelayan. Ikan yang mati itu beraneka jenis dan berbagai ukuran. "Ikan yang mabuk dan mati ditemukan di permukaan Kali Lamong yang terhubung ke laut lepas. Masyarakat kami sebagai bagian masyarakat pesisir sangat paham cuaca dan tabiat ikan, perkiraan kami ikan mabuk ini karena air Kali Lamong tercemar limbah," terang Rohman.

Ia mengaku belum mengetahui biang pencemaran Kali Lamong secara pasti. "Sudah kami sampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH)," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Gresik sungai gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video