Terlibat Masalah Kenakalan, Risma Kumpulkan Ratusan Anak Didampingi Orangtua | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Terlibat Masalah Kenakalan, Risma Kumpulkan Ratusan Anak Didampingi Orangtua

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Jumat, 20 Desember 2019 00:58 WIB

Wali Kota Risma saat memberikan pengarahan kepada ratusan anak. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Belum lama mendamaikan masalah tawuran antar geng beberapa waktu lalu, Wali Kota Tri Rismaharini kembali mengumpulkan anak-anak yang terlibat masalah kenakalan.

Sebanyak 101 anak yang terlibat kasus tawuran, minuman keras, bolos sekolah, balap liar, hingga putus sekolah ini dikumpulkan di Lantai-4 Gedung Siola, Kamis (19/12). Didampingi para orangtua, mereka diberi pengarahan oleh Risma. Mereka merupakan siswa yang masih mengenyam pendidikan di tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

Ia merasa prihatin dengan perilaku anak-anak yang telibat kenakalan ini. Di hadapan anak-anak, ia menegaskan, bahwa orangtua mereka telah bersusah payah mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan sekolah. Namun, ternyata perilaku anak-anak tersebut justru mengecewakan.

“Betapa susahnya orang tua kalian mencari uang, agar kalian bisa merubah nasib keluarga. Tapi kalian sia-siakan kepercayaan orangtua,” tuturnya.

Untuk itu, Risma meminta agar tidak mengulangi aksi tawuran. Ia menegaskan, akan menyerahkan ke aparat penegak hukum, jika perkelahian masih saja terjadi.

Tak sekadar memberikan nasihat, Presiden UCLG Aspac ini juga memotivasi anak-anak dengan menghadirkan beberapa anak dari keluarga tak mampu, yang justru berhasil dalam menempuh jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. Salah satunya, Novi. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

“Dulu, saya lihat Novi ngemis atau jualan koran di pertigaan Ngagel Jaya. September, dia lulus Fakultas Hukum Unair dengan nilai terbaik,” ungkapnya.

Diberi kesempatan untuk menceritakan masa kecilnya hingga berhasil dalam studinya, Novi mengungkapkan, bahwa hampir sepuluh tahun ia jadi pengamen di jalanan. Namun, sejauh itu, Novi tak pernah terlibat masalah kenakalan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video