Pemkot Surabaya Gelar Kampanye Percepatan Pencegahan Anak Stunting | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkot Surabaya Gelar Kampanye Percepatan Pencegahan Anak Stunting

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Rabu, 18 Desember 2019 01:16 WIB

Ilustrasi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bertekad melaksanakan program nasional percepatan pencegahan anak 2018 - 2024. Program ini dilaksanakan oleh pemerintah kota bersama organisasi terkait, akademisi, tenaga kesehatan, serta masyarakat melalui komitmen dan kampanye percepatan pencegahan anak , Rabu (18/12/2019), pada pukul 07.30 WIB sampai 11.00 WIB di Balai Pemuda, Jalan Gubernur Suryo 15 Surabaya.

Di kegiatan tersebut nantinya, selain pemberian edukasi masyarakat, juga ada kegiatan lomba pengetahuan tentang . Sedikitnya sekitar 880 peserta yang mengikuti kegiatan komitmen bersama melaksanakan percepatan pencegahan anak .

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, bahwa merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak berusia di bawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang. Terutama, dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), mulai dari janin hingga anak berusia 23 bulan.

“Anak memiliki tingkat kecerdasan tidak maksimal, rentan penyakit, dan mempengaruhi produktivitas seseorang,” kata Febria, Selasa (17/12/2019).

Menurut dia, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan . Antara lain, kurangnya asupan gizi kronis dan kejadian sakit (penyakit yang berulang).

“Apabila dilihat waktu bayi lahir, panjangnya kurang dari 47 centimeter, risiko lebih besar. Tetapi bukan berarti tidak bisa dicegah. Makanya, sewaktu lahir sampai anak usia 2 tahun kita genjot gizi dan ASI,” terang Kadinkes.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video