​Cegah Abrasi, Ratusan Anggota Komunitas Lingkungan Tebar 10 Ribu Bibit Mangrove di Pantai Trimulyo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Cegah Abrasi, Ratusan Anggota Komunitas Lingkungan Tebar 10 Ribu Bibit Mangrove di Pantai Trimulyo

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sulthon Neagara
Minggu, 15 Desember 2019 20:49 WIB

Penanaman 10 ribu bibit pohon mangrove oleh komunitas peduli lingkungan di Pantai Trimulyo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, Ahad (15/12).

SEMARANG, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati hari lahir yang ke 3 tahun, Lindungi Hutan Kota menggelar acara tebar 10 ribu bibit mangrove di pantai Trimulyo yang terletak di kawasan industri Terboyo, Kecamatan Genuk, Kota , Ahad (15/12). Tak Cuma dari komunitas lingkungan, namun berbagai kalangan seperti warga sekitar dan komunitas lingkungan seluruh Kota turut berpartisipasi dalam penanaman bibit mangrove.

Miftachur Robani, Founder Lindungi Hutan Kota mengatakan penanaman 10 ribu bibit mangrove ini dilakukan untuk mencegah abrasi yang saat ini telah menjadi ancaman serius kota-kota yang dekat dengan pantai. Menurutnya, salah satu penyebab terjadinya abrasi adalah pemanasan secara global yang mengakibatkan es di kutub mencair, sehingga permukaan air terus meningkat.

Karena itu, dalam hal ini edukasi terhadap masyarakat menjadi hal yang penting, karena penyebab kerusakan lingkungan adalah manusia yang tidak memahami keadaan lingkungan. “Dalam acara ini kita juga mengundang government hingga community, mereka ikut terlibat. Hampir 500 orang, mulai dari orang-orang sini sampai komunitas-komunitas pecinta lingkungan seluruh ,” ujar Ben, sapaan karib Miftachur Robani.

Dijelaskan Ben, hutan di Indonesia selalu mengalami pengerucutan tiap tahunnya. Hal ini dikarenakan pembakaran hutan, perusakan mangrove, juga penebangan pohon secara liar. “Yang dirugikan adalah orang-orang sekitar, karena hutan sebagai penyumbang kehidupan dan keanekaragaman hayati jadi menurun fungsinya,” katanya.

“Kita mengedukasi pentingnya hutan, secara ekologis bakal bantuin orang-orang di sekitarnya, karena teman-teman pengen menghijaukan area pesisir ini,” lanjut Miftachur Robani.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Komunitas Semarang

Berita Terkait

Bangsaonline Video