Jelang Pilkada 2020, Bupati Malang Lantik 650 Personel Satlinmas

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Tuhu Priyono
Selasa, 10 Desember 2019 17:46 WIB

650 personel Satlinmas Kabupaten Malang yang sedang dilantik.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Bupati Malang H. M. Sanusi melantik sebanyak 650 personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Lapangan Panarukan, Kecamatan Kepanjen, Selasa (10/12).

Dalam sambutannya, Sanusi mengatakan bahwa pelantikan ini memiliki makna strategis dan bertujuan meneguhkan komitmen nyata dan tekad kuat bagi segenap anggota Satlinmas tingkat desa/kelurahan di seluruh wilayah Kabupaten Malang. Hal ini dalam rangka mewujudkan keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Malang.

"Pelantikan Anggota Satlinmas merupakan langkah awal implementasi ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat, Pasal 7 Ayat (1), yang menyebutkan bahwa Anggota Satlinmas sebagaimana dimaksud pada pasal 6 dilantik oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten/Kota di wilayahnya," ujar Sanusi.

Ia berharap, keberadaan Satlinmas ini nantinya dapat berjalan beriringan dengan Pemerintah Kabupaten Malang dan menyukseskan seluruh agenda pembangunan. Sekaligus menjadi bagian dalam rangka menjalankan amanat sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Standar Pelayanan Minimal. 

"Di mana pelayanan yang dimaksud meliputi, ketenteraman dan ketertiban umum, pelayanan informasi rawan bencana, pelayanan pencegahan, dan kesiapsiagaan terhadap bencana, pelayanan penyelamataan, dan evakuasi korban bencana," jelasnya.

Gelaran Pemilukada Kabupaten Malang tahun 2020 mendatang, Satlinmas diharapkan ikut serta membantu dalam menciptakan kondisi ketenteraman dan ketertiban masyarakat, menjelang pelaksanaannya hingga pasca Pilkada.

Selain itu ia berharap, setiap anggota Linmas harus meningkatkan kemampuan deteksi dini terhadap berbagai perilaku masyarakat yang terkait dengan bahaya terorisme dan narkoba dan terus melatih diri serta menumbuhkan rasa kepedulian terhadap masyarakat pada umumnya. (thu/ian)