​Temuan Materi Khilafah di Kediri, Kemenag Jatim Perintahkan Tarik Seluruh Soal Fiqih | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Temuan Materi Khilafah di Kediri, Kemenag Jatim Perintahkan Tarik Seluruh Soal Fiqih

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Jumat, 06 Desember 2019 01:44 WIB

Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Moch. Amin Mahfud saat membahas tentang munculnya materi soal khilafah.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Jawa Timur Moch. Amin Mahfud telah memerintahkan menarik seluruh soal fiqih yang telah diujikan. Hal ini terkait dengan beredarnya soal pada ujian mapel Fiqih MA di Kabupaten Kediri.

Sebagai gantinya, ia meminta untuk dilakukan ujian ulang mapel fiqih dengan materi soal yang berbeda pada pekan depan, 11 – 13 Desember 2019

Hingga Rabu (4/12) kemarin, naskah soal fiqih yang bermuatan telah diujikan di 3 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Kediri yang berbasis kertas, serta 1 MAN berbasis Computer Based Test (CBT). Sementara 2 MAN lainnya belum mengujikan soal tersebut.

Dari hasil investigasi lapangan, Amin menuturkan bahwa tidak ada unsur kesengajaan dalam pembuatan soal tersebut. Pembuat soal dari MAN 2 Kota Kediri mengaku hanya mengkopi soal-soal siap uji yang ada di buku pegangan guru karena keterbatasan waktu yang ada.

“Tidak ada unsur kesengajaan. Soal tersebut di copy paste dari buku pegangan guru, dan materi tersebut sama sekali tidak ada dalam materi pembelajaran,” terang Moch. Amin Mahfud saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/12).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video