​Pertamina Bakal Bangun Pelabuhan 500 Meter untuk Keperluan Kilang Tuban | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Pertamina Bakal Bangun Pelabuhan 500 Meter untuk Keperluan Kilang Tuban

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Suwandi
Minggu, 01 Desember 2019 21:11 WIB

Menhub dan Dirut Pertamina mengunjungi pembangunan kilang minyak.

TUBAN, BANGSAONLINE.com (Persero) mulai membangun pelabuhan sepanjang 500 meter untuk keperluan minyak Tuban yang terletak di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu.

Direktur Utama PT (Persero), Nicke Widyawati mengatakan, pembangunan pelabuhan ini terletak di lahan 200 hektare yang merestorasi kawasan laut. Pembangunan ditargetkan selesai dalam enam bulan yang bersamaan dengan pelaksanaan proyek kilang Tuban.

"Untuk lebar nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan," tuturnya Nicke saat mengunjung kilang Tuban, Sabtu (30/11).

Nicke menambahkan, pembangunan kilang Tuban saat ini telah memasuki tahap early work. Yakni, pembersihan lahan sekitar 328 hektare serta pemulihan lahan abrasi (restorasi) seluas 20 hektare. Dalam pembangunan tahap awal tersebut, telah menyerap 271 tenaga kerja lokal Tuban.

"Proyek ini juga menciptakan multiplier effect lainnya. Terutama di daerah sekitar lokasi di Tuban, termasuk peningkatan pendapatan negara dan daerah. Baik dari pajak dan juga penguatan devisa negara karena mengurangi ketergantungan impor crude dan produk," bebernya.

Untuk membangun megaproyek ini, telah menginvestasikan sekitar USD 15-16 miliar yang diperkirakan akan selesai pada 2026 mendatang. Sedangkan, proyek ini menempati area seluas kurang lebih 900 hektare.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video