Kunjungan Wisatawan ke Kota Batu Tak Berdampak bagi Petani | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kunjungan Wisatawan ke Kota Batu Tak Berdampak bagi Petani

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Minggu, 24 November 2019 16:08 WIB

Pesatnya perkembangan pariwisata di Kota Batu tak berdampak positif pada petani.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kunjungan wisatawan ke Kota Batu ternyata tidak berdampak positif bagi petani. Hal itu terungkap dari hasil penelitian Eutenika, sebuah perkumpulan peneliti Universitas Brawijaya bidang pertanian yang melakukan penelitian di Kota Batu.

“Meski jumlah kunjungan wisatawan dapat meningkatkan pendapatan daerah, tapi bagi masyarakat lokal Kota Batu tidak memiliki pengaruh terhadap kehidupan mereka secara ekonomi khususnya petani,” kata Rahmat Fauzi. salah satu peneliti Eutenika, Ahad (24/11).

Dikatakan, Pemerintah Kota Batu dalam hal meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mempromosikan pariwisata seharusnya menggandeng petani. Pasalnya, keberadaan mereka juga sangat berpotensi dalam pengembangan pariwisata di Kota Batu.

“Promosi bidang pariwisata harus melibatkan sektor pertanian, sebab mayoritas lahan di Kota Batu adalah lahan pertanian,” papar Rahmat Fauzi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video