Meski Partisipasi Pemilih di Bawah Target, KPU Pastikan Pilkada Pacitan Digelar Secara Langsung | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Meski Partisipasi Pemilih di Bawah Target, KPU Pastikan Pilkada Pacitan Digelar Secara Langsung

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Jumat, 22 November 2019 16:40 WIB

Gogot Cahyo Baskoro, Komisoner KPU Provinsi Jatim saat memberikan sambutan di acara temu media di Pacitan. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Koordinator Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menegaskan tidak akan terbawa alur kebijakan yang diwacanakan lembaga lainnya dalam melaksanakan pemilu. Hal tersebut menjawab beredarnya meme-meme soal pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah melalui parlemen bagi daerah dengan indek demokrasi mutuality (IDM) rendah sebagaimana disampaikan Mendagri, Jenderal Polisi (Pur) Tito Karnavian di sejumlah media sosial belakang ini.

"Kami bekerja sesuai ketetapan Peraturan Perundang-undangan. Jadi kalau ada wacana-wacana seperti itu, sepanjang belum ada kepastian hukum, ya tidak akan kami jadikan dasar. Khususnya di Pacitan, pemilihan bupati dan wakil bupati besar kemungkinan akan tetap dilaksanakan secara langsung. Sebab amanah UU-nya seperti itu," kata Gogot saat melakukan bimtek media dalam peningkatan partisipasi masyarakat di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan tahun 2020, Jumat (22/11).

Menurut Gogot, justru yang menjadi perhatian penyelenggara pemilu saat ini, bagaimana upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Sebab Kabupaten Pacitan masuk dari 4 kabupaten/kota di Jatim yang partisipatif masyarakatnya rendah dalam pemilihan umum serentak tahun 2019. Di empat daerah tersebut partisipasi pemilihnya masih jauh di bawah target nasional yang ditetapkan sebesar 77,5 persen.

Adapun keempat kabupaten yang partisipasinya rendah meliputi Kota Surabaya sebesar 76,12 persen, Kabupaten Jember sebesar 76,05 persen, Banyuwangi sebesar 75,99 persen, dan Pacitan berada di posisi buncit dengan 75,90 persen.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video