Tafsir Al-Isra' 71: Di Akhirat Dipilah, Grup Jokowi dan Grup Prabowo? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tafsir Al-Isra' 71: Di Akhirat Dipilah, Grup Jokowi dan Grup Prabowo?

Editor: Redaksi
Minggu, 17 November 2019 01:29 WIB

Ilustrasi. foto: RIAU1

Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*

71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.

(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpinnya; dan barang siapa diberikan catatan amalnya di tangan kanannya mereka akan membaca catatannya (dengan baik), dan mereka tidak akan dirugikan sedikit pun.


TAFSIR AKTUAL

Setelah Allah SWT membicarakan keunggulan manusia dengan beberapa servis yang diberikan di dunia, kini membicarakan suasana akhirat, di mana setiap manusia pasti dimintai pertanggungjawaban. Masing-masing diberi buku catatan amal super komplet, tak ada sekecil apapun perbuatan manusia yang tak tercatat.

Ada yang menerima buku itu dengan tangan kiri, ada yang menerimanya dengan posisi membalik punggung dan ada yang menerima dengan tangan kanan. Mereka bisa membaca buku itu secara sempurna. Meski buku itu tertulis dengan bahasa arab -menurut riwayat-, tapi semua orang bisa membacanya, mengerti dan memahami, meski tatkala di dunia sama sekali tidak mengenal bahasa arab. Hal demikian murni atas perkenan Tuhan dan tak ada yang mustahil bagi Tuhan Allah SWT.

Ayat kaji ini memakai kata "imam" (bi-imaamihim), apa maksudnya? Di isnilah mufassirun beda pandangan:

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video