Usung Tema Indonesian Maritime Envoy, Pangkoarmada II Lepas Satgas Port Visit 2019 Menuju Filipina | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Usung Tema Indonesian Maritime Envoy, Pangkoarmada II Lepas Satgas Port Visit 2019 Menuju Filipina

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri
Rabu, 13 November 2019 18:09 WIB

Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto saat memberangkatkan Satuan Tugas Port Visit 2019 menuju Filipina.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Komando Armada II () Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto melepas keberangkatan Satuan Tugas Port Visit 2019 menuju Filipina. Satgas yang melibatkan KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan KRI Bung Tomo-357 ini bertolak dari Dermaga Madura, Ujung, pada Selasa (13/11).

Selama sekitar 27 hari ke depan, tepatnya dari tanggal 13 November hingga 9 Desember 2019, Satgas Port Visit 2019 akan melaksanakan tugas-tugas diplomasi dengan tema Indonesian Maritime Envoy, yakni sebuah konsep sebagai sarana untuk memanfaatkan kekuatan dan sumber daya maritim negara Indonesia, sebagai upaya meningkatkan hubungan persaudaraan serta mempererat dan meningkatkan hubungan kerja sama antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Adapun rute yang ditempuh satgas selama melaksanakan pelayaran yakni Surabaya-Palawan (Filipina) - Kinabalu (Malaysia) - Ranai - Changi Naval Base (Singapura) - Batam - Surabaya.

Dalam pesannya kepada seluruh personel Satgas yang terdiri dari ABK KRI TOM-357 dan KRI SIM-367, serta 20 orang Taruna/Taruni AAL, juga anggota Satkopaska dan Dislambair, mengatakan guna mengenalkan Indonesia sebagai poros maritim dunia sebagai kebijakan pemerintah Republik Indonesia, maka TNI AL khususnya Koarmada II ikut mendukung melalui pengiriman Satgas Port Visit yang melibatkan kapal perang TNI AL ke negara-negara di kawasan Asia dan Australia.

“Dengan mengirim Satgas Port Visit ke luar negeri diharapkan misi yang diemban mampu meningkatkan hubungan baik Indonesia dengan Philipina, Malaysia dan Singapura, begitu juga hubungan TNI AL dengan Angkatan Laut ke-3 negara tersebut. Kemudian mampu menciptakan kerjasama dalam hal penangkalan terhadap tindak pidana di laut,” terang Heru, sapaan karib ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video