Gema PS Lamongan Sambut Gembira Verifikasi IPHPS | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gema PS Lamongan Sambut Gembira Verifikasi IPHPS

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Kamis, 07 November 2019 21:39 WIB

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial (Gema PS) Indonesia menyambut gembira verifikasi Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 15 titik usulan permohonan IPHPS.

Deputi Hukum, Kebijakan, dan Advokasi DPP Gema PS Indonesia, Carkaya menegaskan, verifikasi tersebut merupakan tindak lanjut atas audiensi DPP Gema PS Indonesia dengan Presiden Joko Widodo pada tanggal 10 Oktober 2019 lalu.

“Dalam audiensi tersebut, presiden memerintahkan verifikasi -IPHPS agar diselesaikan dalam waktu 2 tahun dan evaluasi bersama dengan Gema PS Indonesia setiap 6 bulan sekali,” kata Carkaya, Kamis (7/11).

Menurutnya, kondisi sosial di Jawa, masyarakat lebih membutuhkan orientasi pangan, bukan tebu untuk industri.

“Jadi jika pemerintah memilih memberikan ijin eksploitasi maka sejatinya pemerintah tidak menimbang kebutuhan pangan harian bagi masyarakat di Jawa terutama petani kawasan hutan,” ungkap Carkaya.

Apalagi, lanjutnya, tebu tidak dapat memulihkan kondisi ekologi kawasan hutan, bahkan akan memperburuk kondisi ekologi hutan. Sementara IPHPS justru dimasukkan untuk mempercepat pemulihan kawasan hutan gundul dan kritis melalui sumber daya sosial dan ekonomi rakyat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video