Pengumuman Pembukaan CPNS Digelar 11 November 2019

Editor: .
Wartawan: Herman Subagyo
Rabu, 06 November 2019 16:30 WIB

Pariyo, Kepala BKD Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Trenggalek melalui Dinas BKD (Badan Kepegawaian Daerah) akan segera membuka pengumuman rekrutmen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) pada tanggal 11 November tahun ini.

Pernyataan ini di sampaikan langsung oleh Kepala Dinas BKD Trenggalek Pariyo di ruang kerjanya, Rabu (6/11). "Untuk pengumuman kapan dibuka, direncanakan sesuai hasil rapat di Semarang kemarin, untuk Jawa Timur ya mudah-mudahan untuk se-Indonesia juga, ini tanggal 11 ini, hari Senin. Pengumuman semua formasi pendaftaran ini," katanya.

Menurut Pariyo, para peserta CPNS nanti bisa mendaftar langsung ke pusat, dalam hal ini lamaran ditujukan ke satu portal resmi milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), sscn.bkn.go.id.

Disampaikan oleh Pariyo, bahwa tahun ini Pemkab Trenggalek mendapat jatah perekrutan CPNS sebanyak 438 formasi. Dari angka tersebut, untuk formasi cumlaude 23 formasi yang terdiri dari 20 tenaga pendidik, dan 3 tenaga teknis.

Untuk disabilitas mendapat jatah formasi 2 persen dari semua jatah tersebut. sehingga disabilitas mendapat 9 formasi dengan rincian tenaga pendidik 4 formasi, tenaga kesehatan 3 formasi, dan tenaga teknis 2 formasi.

Sedangkan formasi umum sebanyak 406 terdiri dari 226 tenaga pendidikan, 117 tenaga kesehatan, 63 tenaga teknis. Dari angka 406 itu dapat dipilih oleh tenaga disabilitas untuk tenaga pendidik 7 dan untuk tenaga kesehatan 11.

Menurut Pariyo selain mendapat jatah 2 persen, disabilitas juga bisa melamar jalur formasi umum, Namun, hal itu disama-ratakan dengan formasi yang ada. "Jadi, ketika disabilitas itu mau melamar ikut formasi umum juga diperkenankan," tandasnya.

Untuk disabilitas yang penting, kata Pariyo, penglihatan, pendengaran, daya pikir bisa menyampaikan sesuatu saran dan masukan. "Namun hal itu harus didukung oleh rekom surat keterangan dari dokter," katanya.

Pariyo juga menerangkan, setelah pembukaan pendaftaran CPNS nanti akan diberi waktu tiga hari untuk melakukan masa sanggah terhadap proses administrasi. Ia pun memperkirakan masa sanggah nanti kemungkinan dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2019.

Sementara untuk pelaksanaan tes CPNS nanti akan digelar pada bulan Februari dan Maret tahun 2020. Ia pun juga menyebut anggaran yang disiapkan untuk gelar tes CPNS sebesar 1,3 miliar.

Dalam kesempatan itu, Pariyo berpesan agar para pelamar CPNS tidak melalui jalur calo atau meminta pertolongan siapapun untuk lolos tes CPNS karena hal itu merupakan sebuah kebohongan. Untuk itu, ia menyerukan agar para pelamar CPNS menyerahkan sepenuhnya pada mekanisme yang telah diatur oleh pemerintah. (man)