Wabup Gresik Launching Program Kampung Pudak Ayu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Wabup Gresik Launching Program Kampung Pudak Ayu

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Rabu, 06 November 2019 00:50 WIB

Wabup Moh. Qosim bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfa Sambari Halim, saat simulasi sedot tinja dalam launching Kampung Pudak Ayu. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfa Sambari Halim, serta staf Komjen Amerika Serikat Theodore E. Kulongoski me-launching program Kampung Pudak Ayu, di Tugu Perumahan Bakti Pertiwi Wetan wilayah kelurahan Sidokumpul Gresik, Selasa (5/11).

Program ini merupakan layanan lumpur tinja terjadwal hasil kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Gresik dengan USAID Indonesia Urban Water And Sanitation dan Hygiene Penyehat Lingkungan Untuk Semua' (IUWASH PLUS) serta beberapa pihak terkait.

Program Kampung Pudak Ayu yaitu penyedotan kakus untuk Dasa Wisma secara kolektif, aman dan kontinyu, di mana penyedotannya dilakukan secara kolektif dan terjadwal.

Program ini dilaksanakan pada setiap dasawisma dengan berbagai kemudahan, yaitu pembayarannya bisa diangsur atau patungan dalam satu kali penyedotan.

Wabup mengaku senang dengan semangat masyarakat Kelurahan Sidokumpul yang sangat antusias dengan program ini. 

"Yang kita laksanakan saai ini adalah bagian dari kepedulian kita pada lingkungan dan kebersihan. Kegiatan ini semata untuk menjaga tersedianya air bersih dan sanitasi yang aman. Hal ini merupakan bagian dari ibadah, karena kebersihan sebagian dari iman," ujar wabup.

Dia berharap, dengan terbentuknya Kampung Pudak Ayu, tidak hanya masalah lumpur tinja saja yang akan ditangani, namun dapat membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan air bersih, sampah, sistem drainase, maupun pengembangan usaha mikro di dasawisma.

Launching Kampung Oudak Ayu ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh wabup dan beberapa undangan. Selanjutnya, wabup membuka kran pada mobil tangki penyedotan lumpur tinja dan melakukan penyedotan ke lubang septic tank menandai dimulainya program ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video