Ratusan Desa di Kabupaten Mojokerto Rawan Banjir, Puluhan Lainnya Rawan Longsor | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ratusan Desa di Kabupaten Mojokerto Rawan Banjir, Puluhan Lainnya Rawan Longsor

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Selasa, 05 November 2019 17:53 WIB

Bancana tanah longsor rawan terjadi di Kabupaten Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Ratusan desa di Kabupaten masuk dalam daftar merah potensi bencana alam. Tercatat, sebanyak 216 desa masuk peta daerah rawan banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat bahkan melansir sebanyak 29 desa rawan longsor dan 21 desa lainnya rawan puting beliung.

Peta bencana ini didasarkan pada banyaknya struktur dan kontur tanah di wilayah Kabupaten yang rendah. Moch. Zaini, Kepala BPBD Kabupaten mengatakan, seluruh wilayah kabupaten cenderung memiliki potensi bencana, khususnya saat memasuki musim penghujan. Dengan rincian, 216 desa berpotensi banjir, 29 desa berpotensi longsor, dan 21 desa berpotensi terjadi angin puting beliung.

"Potensi itu ada. Itu karena tekstur tanah di Kabupaten yang rendah," jelasnya.

Menurutnya, banyak faktor yang menjadi pemicunya. Dalam kasus bencana longsor misalnya, BPBD telah memetakan wilayah rawan bencana. Yakni, di Kecamatan Trawas, Pacet, Jatirejo, dan Ngoro.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video