Dewan Prediksi akan Banyak Proyek Fisik yang Molor

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Selasa, 05 November 2019 11:53 WIB

Anggota Komisi IV DPRD Pacitan, Sediono. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Anggota Komisi IV DPRD Pacitan, Sediono menyorot proyek fisik yang bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2019. Ia memprediksi bakal banyak proyek yang molor karena faktor cuaca.

Bahkan, ia memperkirakan akan banyak juga kontraktor atau rekanan yang bakal terkena sanksi pemutusan kontrak kerja lantaran pekerjaannya tidak tuntas sampai batas waktu yang ditentukan di dalam surat perjanjian kerja.

"Bisa jadi akan banyak perusahaan pelaksana kegiatan yang akan kena blacklist karena pekerjaannya tidak tuntas," ujarnya, Senin (5/11).

Menurut politikus Gerindra ini, kegiatan yang berpotensi mengalami keterlambatan tersebut selain bangunan gedung, juga pekerjaan yang bersentuhan dengan air. Seperti tanggul pengaman sungai, talud, dan jembatan.

"Pekerjaan ini sangat bergantung dengan musim. Kalau hujan turun dengan intensitas tinggi, kami meyakini pekerjaan tersebut akan mengalami keterlambatan. Bahkan terancam tidak tuntas," jelas legislatif berbadan subur ini.

Karena itu, ia berharap ke depannya semua OPD pemilik kegiatan fisik bisa menggelar proses tender lebih awal. "Sebab kalau terus mengalami kemoloran dalam proses tender, hasil akhirnya juga tidak maksimal. Bahkan terancam tidak selesai dan penyedia jasa yang akan terkena sanksi. Mohon ke depannya bisa lebih diperhatikan dari sisi waktu. Apalagi, saat ini waktu tinggal 40 hari kalender. Sebab pada tanggal 18 Desember nanti, semua kegiatan harus sudah serah terima. Mengingat sudah akhir tahun dan musim yang tidak bersahabat," tukasnya. (yun/rev)