Ular Jenis Piton Sepanjang 5 Meter Ditangkap Warga Desa Bungurasih Utara, Sidoarjo

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Catur Andi Erlambang
Senin, 04 November 2019 13:22 WIB

Ular piton yang ditangkap warga dan sudah dimasukkan kandang.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ular piton yang ditemukan warga Desa Bungurasih Utara RT 4 RW 4, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Sabtu (2/11), ternyata cukup berbahaya bagi lingkungan manusia. Pecinta sekaligus pembudidaya ular, Muhammad Nurhuda mengatakan ular piton itu memangsa buruannya dengan cara melilitkan tubuhnya.

"Dan kalau di alam liar, mangsa buruannya tidak tanggung-tanggung. Mulai dari tikus, ayam, bahkan kambing," cetusnya, Senin (4/11/2019). Ia juga mengungkapkan mulut ular bisa melebar hingga tiga kali ukuran asli kepalanya.

"Sehingga kambing dapat mudah saja dilahapnya. Dan bobot maksimal tubuh ular itu dapat mencapai 90 kg," terangnya.

Untuk itu, Nurhuda mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam menangani ular tersebut. Karena ular itu cukup berbahaya bagi manusia.

"Kalau untuk bisa atau racunnya sendiri tidak ada sama sekali. Yang justru berbahaya adalah lilitannya. Karena bisa saja manusia dililitnya lalu ikut dimangsa oleh ular," ungkapnya.

Dirinya menduga ular itu keluar dari tempat persembunyiannya akibat pergantian musim, lalu tak sengaja ditemukan oleh warga sekitar.

"Hewan ini termasuk hewan nocturnal. Di mana kalau pagi hingga sore, waktunya dimanfaatkan untuk istirahat, dan baru malam harinya dia agresif untuk melakukan perburuan mencari mangsanya," pungkasnya. (cat/dur) 

Ular piton yang ditangkap warga Bungurasih jadi tontonan warga.