Raih Kabupaten Layak Pemuda, Sidoarjo Dinilai Beri Peran Pemuda

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Rabu, 30 Oktober 2019 00:06 WIB

PRESTASI: Bupati Saiful Ilah berpose dengan tokoh pemuda Sidoarjo usai menerima Kabupaten Layak Pemuda, di Jakarta, Senin (28/10) malam. foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kemenpora RI memberikan penghargaan Kabupaten Layak Pemuda kepada Kabupaten Sidoarjo. Penghargaan ini diserahkan oleh Menpora Zainuddin Amali kepada Bupati Saiful Ilah, saat puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di Jakarta Concert Hall Inews, Senin (28/10/2019) malam.

Bupati Saiful Ilah menyatakan, penghargaan tersebut diterima karena Kabupaten Sidoarjo dinilai memberikan peran terhadap pemuda dalam pembangunan. "Dalam penilaian Kemenpora RI beberapa bulan lalu, Sidoarjo menjadi salah satu daerah yang dinilai memajukan kegiatan kepemudaan dalam pembangunan," cetus bupati, Selasa (29/10).

Bagi pria yang karib dipanggil Abah Ipul ini, dengan mendapatkan predikat sebagai Kota/Kabupaten Layak Pemuda kategori Utama, Kabupaten Sidoarjo menjadi barometer dalam memajukan kegiatan kepemudaan. "Terutama untuk pembangunan daerah di Provinsi Jatim," tegasnya.

Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Sidoarjo, Ari Suryono menambahkan, penghargaan ini bentuk sinergitas Pemkab Sidoarjo dan pemuda. Yakni memberi peran kepada para pemuda untuk pembangunan di Sidoarjo.

"Prestasi ini harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Pemuda (MPI dan KNPI) Sidoarjo siap mendukung program-program Pemkab yang berorientasi pada kreativitas pemuda," harap Ari.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo, Joko Supriadi menjelaskan Sidoarjo menerima penghargaan ini karena memenuhi beberapa indikator, di antaranya memiliki anggaran untuk menunjang program kepemudaan serta penyediaan sarana dan prasarana bagi pemuda.

"Sebelumnya, tim verifikasi Kabupaten Layak Pemuda dari Kemenpora RI melakukan kunjungan lapangan di Kabupaten Sidoarjo Agustus 2019 lalu. Tim verifikasi melihat dokumen Kabupaten Layak Pemuda sekaligus untuk melihat sinergi antara Disporapar dengan organisasi kepemudaan yang ada di Sidoarjo," beber Joko.

Malam Anugerah Kepemudaan 2019 diisi dengan Pemberian Penghargaan yang terdiri dari Pemuda Pelopor Tingkat Nasional, Wirausaha Muda Pemula Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda, Pemuda Hebat Internasional dan Difabel serta Anugerah Kota/Kabupaten Layak Pemuda. (sta/rev)