Refleksi Sumpah Pemuda: Momen Satukan Perbedaan Demi NKRI | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Refleksi Sumpah Pemuda: Momen Satukan Perbedaan Demi NKRI

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud
Senin, 28 Oktober 2019 10:25 WIB

A. Fajar Yulianto, S.H., Ctl.

Oleh: A. Fajar Yulianto, S.H., Ctl. (Direktur YLBH Fajar Trilaksana)

Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah hari di mana tonggak awal anak-anak muda di negeri ini bersatu dalam beragam perbedaan yang ada.

Jika kita hitung sejak Sumpah Pemuda diikrarkan sudah 91 tahun yang lalu, waktu itu dinamika semangat berkorban diri memikirkan dan perjuangan kemerdekaan republik tercinta ini, lain masa lain dinamika.

Tahun 2019, di masa yang berbeda, namun dinamikanya tetap sama, yakni sama-sama berjuang. Keberagaman dalam persatuan negeri ini nyaris terkoyak saat Pileg dan Pilpres yang digelar bareng lalu. Wajah negeri ini terlihat banyak memar dan nyaris meretakkan keberagaman bangsa Indonesia karena gencarnya hoks yang berseliweran demi kemenangan kelompok dan golongannya.

Fakta ini, menjadikan bangsa ini dalam kondisi sangat mengerikan. Semua terjadi dinamika pertarungan para calon dalam konstelasi Pemilu yang lalu. Hal ini hampir menjadi sebuah bumerang bagi keutuhan Negara Republik Indonesia. Beruntung masih ada tumbuh kembang transfusi darah semangat Sumpah Pemuda 1928.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Hari Sumpah Pemuda

Berita Terkait

Bangsaonline Video