2020, RSUD BDH Bakal Dilengkapi Fasilitas Kedokteran Nuklir | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

2020, RSUD BDH Bakal Dilengkapi Fasilitas Kedokteran Nuklir

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Rabu, 23 Oktober 2019 23:14 WIB

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10). foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut.

Kepala Dinas (Dinkes) Kota , Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di hanya ada di RSUD Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota .

“Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini,” kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot , Rabu (23/10).

Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payudara tahun 2018 mencapai 5.635 jiwa. Kemudian tahun 2019 mengalami penurunan menjadi 3.896 jiwa. Di samping itu, penyakit tertinggi setelah kanker adalah hiperteroid dan keganasan liver.

“Penyakit semacam ini dapat diterapi menggunakan kedokteran nuklir, sehingga ini sangat penting untuk warga Kota ,” imbuh dia.

Ia memastikan, pembangunan fasilitas kedokteran nuklir ini sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Bahkan, dalam setiap prosesnya selalu didampingi oleh pihak kepolisian, kejaksaan, tim ahli nuklir, akademisi dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

“Jadi, kami tidak sendirian, karena didampingi oleh para ahlinya langsung. Termasuk terkait dengan alur layanan nuklir di RS BDH. Jadi, pelayanan ini sudah pasti aman dan tidak ada dampak untuk masyarakat di sekitar rumah sakit,” tegasnya.

Ahli kedokteran nuklir RSUD dr Soetomo dr. Stepanus Massora Sp.KN yang nantinya akan menjadi dokter di BDH itu mengatakan kedokteran nuklir ini tidak hanya untuk mengobati penderita kanker saja. Pasalnya, setiap penyakit kanker itu memiliki cara terapi yang berbeda-beda.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video