​Kemarau Panjang, Gubernur Khofifah Minta Pesantren Beri Kado Salat Istisqo' di Hari Santri Nasional | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Kemarau Panjang, Gubernur Khofifah Minta Pesantren Beri Kado Salat Istisqo' di Hari Santri Nasional

Editor: Tim
Rabu, 23 Oktober 2019 09:26 WIB

Khofifah Indar Parawansa. foto: Istimewa/ BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mengajak pesantren di Jawa Timur untuk mendirikan salat istisqo' sebagai hadiah kepada masyarakat Indonesia yang baru saja diperingati pada tanggal 22 Oktober 2019.

Ajakan salat istisqo' itu disampaikan di dua momen peringatan di Jawa Timur. Tepatnya saat apel peringatan di Mapolda Jawa Timur, Selasa (22/10/2019) pagi, dan malamnya saat menghadiri acara Jatim Bersholawat di Ponpes Lirboyo Kediri.

"Kita ingin menjadikan agar tahun ini kita dedikasikan untuk menyebarkan perdamaian dunia. Karena hari ini kita apelnya di Mapolda Jatim, tapi resonansinya bisa global. Dari tempat ini, kita kembali serukan kepada dunia pentingnya perdamaian dunia. Hentikan konflik dan peperangan yang menyebabkan manusia menjadi sengsara hidupnya," kata Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa usai apel di Mapolda Jatim bersama Forkopimda Jatim, ribuan santri, ulama dan lintas elemen masyarakat.

Dengan khidmat apel Hari Santri diharapkan bisa membangun semangat cinta tanah air, dan menyebarkan kedamaian serta persatuan bangsa. Upacara tersebut juga diisi dengan hening cipta mengirim doa bagi para syuhada dan pahlawan pejuang kemerdekaan.

Oleh karena ia berharap pesan untuk membangun kedamaian di seluruh dunia harus terus dikumandangkan di event apapun dan kapan pun.

Bersama kiai santri di apel tersebut, secara khusus meminta agar ada kado yang dihadiahkan oleh pesantren Jawa Timur dan Indonesia. Yaitu ia ingin agar pesantren menghadiahi dengan mendirikan salat istisqo' atau salat memohon hujan.

"Kalau boleh saya pesan kepada kita semua saya mengimbau di Hari Santri ini pesantren-pesantren di Jawa Timur dan di seluruh Indonesia memberikan hadiah kepada warga bangsa berupa salat Istisqo' di berbagai tempat," kata wanita yang juga mantan Mensos RI ini.

Menurut dia, kemarau panjang tahun ini memberikan dampak yang cukup besar. Mulai kekeringan hingga kebakaran hutan dan lahan. Oleh sebab itu, agar turunnya hujan yang berkah bisa mengakhiri kemarau panjang ini, meminta agar ada gerakan salat istisqo'.

"Kita mohon, kita semua bermunajat kepada Allah mudah-mudahan segera diturunkan hujan yang memberikan berkah. Jadi saya memohon, mengimbau, mendorong untuk melaksanakan salat Istisqo' di berbagai tempat, di setiap lini," ucap .

Acara apel selain diramaikan ribuan kiai dan santri, juga dihadiri jajaran Forkopimda Jawa Timur. Mulai Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Whisnoe PB, dan jajaran ulama seperti Ketua PWNU Jawa Timur Kiai Marzuki Mustamar, dan juga Ketua MUI Jawa Timur Kiai Abdussomad Buchori.

Di sisi lain, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan bahwa apel ini serentak digelar atas izin Gubernur Jawa Timur. Di mana seluruh anggota Polri dan TNI ikut merayakan Hari Santri.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video