Diduga Ada Mafia, PMII Tuban Minta Kejelasan Aliran Dana Retribusi Nelayan di TPI | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Diduga Ada Mafia, PMII Tuban Minta Kejelasan Aliran Dana Retribusi Nelayan di TPI

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Jumat, 18 Oktober 2019 21:12 WIB

Aksi aktivis PMII cabang Tuban saat menggelar unjuk rasa di depan kantor Pemkab Tuban, Jumat (18/10).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Belasan mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Tuban menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Pemkab Tuban, Jumat (18/10).

Mereka meminta kejelasan terkait dana retribusi terhadap pelayanan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berada di Kecamatan Palang. Mereka mengendus adanya dugaan penyimpangan dana retribusi oleh pengelola TPI.

Ketua PC , Musthofatul Adib mengatakan, selama ini para nelayan telah membayar uang retribusi kepada pengelola TPI sebesar 2 persen dari penghasilan melaut. Dari hasil riset yang dilakukan, pihaknya menemukan beberapa kejanggalan terlait aliran dana 2 persen yang bibayarkan oleh para nelayan.

"Selama ini nelayan tidak pernah mengetahui aliran dana retribusi 2 persen yang dibayarkan. Karena pengelolaan retribusi dilakukan secara tertutup," ujar Adib.

Atas temuan itu, aktivis PMII menyatakan sikap agar berikan hak nelayan atas dana retribusi yang sudah diberikan kepada Pemkab Tuban. Serta meminta transparansi dana retribusi nelayan karena sudah tertuang dalam UU KIP nomor 14 tahun 2018.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video