Ke Blitar, Mentan Amran Kunjungi Pabrik Gula Rejoso Manis Indo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ke Blitar, Mentan Amran Kunjungi Pabrik Gula Rejoso Manis Indo

Editor: .
Wartawan: Akina Nur Alana
Rabu, 09 Oktober 2019 19:19 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat mengunjungi pabrik gula Rejoso Manis Indo (RMI) di Desa Rejoso, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, Rabu (9/10/2019).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengunjungi pabrik gula Rejoso Manis Indo (RMI) di Desa Rejoso, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, Rabu (9/10/2019).

Ini merupakan kunjungan pertama Amran ke pabrik gula yang baru beroperasi tersebut. Selama kunjungan, Amran didampingi Bupati Blitar Rijanto, Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto, dan Direktur Utama PT RMI Blitar Syukur Iwantoro.

"Sekarang 10 pabrik gula baru telah tercapai, salah satunya di Blitar dan sudah giling. Targetnya dari 10 pabrik gula berbasis tebu ini, produksi tambahan bisa mencapai 1 juta ton pertahun. Kita sekarang produksi 2,5 juta ton. Sementara kekuranganya 300 sampai 500 ribu ton. Kalau semua optimal, Insyaallah sebentar lagi kita swasembada white sugar," ungkap Amran Sulaiman.

Meski begitu, Amran mengaku ada sejumlah kendala yang harus dihadapi. Salah satunya kondisi lahan kering yang tidak bisa ditanami tebu. Untuk itu, kini Ke tengah mengupayakan teknologi Ring Irrigation System bisa diterapkan petani. Sistem ini memungkinkan air masuk lewat bawah langsung ke akar. Sehingga lahan kering bukan lagi hambatan bagi petani tebu.

"Kendala banyak, tapi kita harus optimis. Kita ada teknologi Ring Irrigation System, jadi airnya masuk lewat bawah langsung ke akar. Teknologinya sudah ada, tinggal kita terapkan," imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video