Petahana Kembali Maju Pilkada, Potensi Kerawanan Daerah Meningkat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Petahana Kembali Maju Pilkada, Potensi Kerawanan Daerah Meningkat

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Minggu, 06 Oktober 2019 14:08 WIB

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Hakam Sholahuddin.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Petahana yang kembali meramaikan Pilkada 2020 berpotensi meningkatkan potensi kerawanan. Utamanya potensi dalam penyalahgunaan wewenang.

Melihat potensi kerawanan ini, Bawaslu Kabupaten Blitar bakal menguatkan strategi sosialisasi dan pencegahan. Utamanya untuk menggalakkan pengawasan partisipatif di kalangan masyarakat serta netralitas ASN.

“Kami akan menegaskan ke kalangan ASN di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar tidak menggunakan anggaran daerah, atau menunggangi program kerjanya untuk mendukung kandidat petahana,” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Hakam Sholahuddin, Ahad (6/10/2019).

Sebelumnya, dalam kunjunganya ke Kabupaten Blitar beberapa waktu lalu, Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Eka Rahmawati juga menyampaikan hal senada. Siapa pun kandidat yang memiliki hubungan dengan kekuasaan baik di pusat maupun daerah, berpotensi memanfaatkan fasilitas dari negara guna memenangkan dirinya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video