Tumpeng Bogomulyo Dilarung di Waduk Bening | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tumpeng Bogomulyo Dilarung di Waduk Bening

Editor: .
Wartawan: Zahratul Maidah
Minggu, 29 September 2019 22:21 WIB

Tumpeng ikan raksasa dari pelet atau pakan ikan seberat 200 kilogram yang dilarung ke waduk.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Tradisi Larung Sesaji di Waduk Bening Widas Saradan kembali digelar. Kali ini, acara yang dilaksanakan di penghujung bulan Muharram atau tepatnya 29 Suro, Ahad (29/9), dihadiri oleh Direktur Utama Perum Jasa Tirta I, Raymond Valiant Ruritan bersama Direktur Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Chrystriyati Ariniç, dan Bupati Ahmad Dawami.

Tumpeng Bogomulyo diarak oleh warga masyarakat di sekitar Waduk Bening dari Gardu Pandang menuju tepi waduk. Arak-arakan juga dimeriahkan oleh ratusan pendekar silat dari berbagai perguruan di . Acara juga dimeriahkan dengan suguhan Reog dan Tari Dongkrek.

Suasana pun tampak ramai dengan hadirnya ribuan pengunjung. Diawali dengan sajian tarian tradisi dan penampilan atraksi pencak silat. Dilanjutkan dengan pembacaan doa serta prosesi pelarungan tumpeng.

(Bupati Ahmad Dawami didampingi Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Chrystriyati Ariniç bersama Direktur Utama Perum Jasa Tirta I Raymond Valiant Ruritan memimpin doa agar tumpeng dan larung sesaji itu membawa keberkahan bagi masyarakat )

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini yang dilarung adalah tumpeng ikan raksasa seberat 200 kilogram. Namun itu bukanlah ikan sesungguhnya, melainkan pelet atau pakan ikan yang dibentuk menyerupai ikan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video