Panen Ikan Melimpah, Warga Kedungpandan Jabon Gelar Sedekah Laut | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Panen Ikan Melimpah, Warga Kedungpandan Jabon Gelar Sedekah Laut

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Mustain
Sabtu, 28 September 2019 10:06 WIB

Acara sedekah laut di Dusun Tlocor Desa Kedungpandan Jabon Sidoarjo, Jumat (27/9). foto ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Warga Dusun Tlocor, Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon Sidoarjo menggelar sedekah laut dengan melarung tumpeng ke laut, Jumat (27/9) sore.

Kegiatan itu sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena warga panen ikan melimpah. Acara itu dihadiri oleh Bupati Saiful Ilah dan Wabup Nur Ahmad Syaifuddin, Kapolsek Jabon, Danramil Jabon, serta sejumlah kepala desa di wilayah kecamatan Jabon. Acara sedekah laut itu digelar di dermaga Wisata Bahari Jabon.

Ketua Pelaksana Sedekah Bumi, Kasum mengatakan, sedekah laut dilakukan warga yang kebanyakan petani tambak. Tradisi itu sudah dilakukan turun temurun. "Sedekah laut sengaja dilakukan sebagai bentuk rasa syukur warga atas panen ikan yang melimpah," kata Kasum, kemarin (27/9).

"Sedekah laut yang berisikan tumpeng, lauk pauk, serta minyak wangi memilik makna agar manusia menjalani hidup dengan cara bijaksana. Seperti menyimpan kesalahan orang lain, mementingkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadinya," ungkap Kasum.

Kepala Dusun Tlocor, Baidowi menjelaskan, kegiatan larung saji atau sedekah bumi ini sudah berjalan ketujuh kalinya. "Alhamdulillah larung saji ini, cukup meriah dan semarak dibanding pada tahun-tahun sebelumnya. "Kami sengaja pusatkan larung saji di dermaga wisata bahari, karena menurut sesepuh adalah tempat danyangnya," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video