AKD DPRD Sidoarjo Terbentuk, Ini Susunan Pimpinan dan Anggotanya

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Jumat, 27 September 2019 23:28 WIB

SAH: Suasana rapat paripurna DPRD Sidoarjo mengesahkan susunan AKD, Jumat (27/9). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - DPRD Sidoarjo kini telah memiliki alat kelengkapan dewan (AKD). DPRD juga memiliki tata tertib yang sudah disetujui Gubernur Jatim. Tatib dan susunan AKD itu pun disahkan di rapat paripurna, Jumat (27/9).

Paripurna pengesahan Tatib dan AKD ini berlangsung mulus tanpa interupsi. Rapat memilih pimpinan AKD juga berlangsung cepat. Untuk Komisi A (pemerintahan), ketua dijabat Subandi (PKB), wakil ketua Haris (PAN) dan sekretaris Warih Andono (Golkar).

Untuk anggota Komisi A, yakni Widagdo (Gerindra), Bashor (Gerindra), Atok Azhari (PKS), M Sokib (NasDem), Pujiono (PKB), Sulammul Hadi Nurmawan (PKB), Tarkit Erdianto (PDI-P) dan Khoirul Hidayat (PDI-P).

Komisi B (perekonomian) dipimpin Bambang Pujianto dari Partai Gerindra. Untuk wakil Komisi B dijabat Taufik Hidayat (PDIP) dan sekretaris Adhi Samsetyo (PAN).

Sedangkan anggota Komisi B, yakni Arif Bachtiar (Golkar), Sudjalil (PDI-P), Deni Haryanto (PKS), Setyowati (PKB), M Rojiq (PKB) , Rizza Ali Faizin (PKB), Agil Effendi (Demokrat) dan Wahyudin Zuhri (PKB).

Sementara, Ketua Komisi C (pembangunan) dijabat Suyarno asal PDI-P, dengan wakil ketua Anang Siswandoko (Gerindra) dan Sekretaris Saiful Ma’ali (PKB).

Untuk anggota Komisi C, yakni M Nizar (Golkar), Vike Widya Asroni (PKS), Nurhendriyati Ningsih (Nasdem), Wijono (PDI-P), Moesowimin (PAN), Hamzah Purwandoyo (PKB), Aminullah (PKB) dan Iswahyudi (PKB).

Untuk Komisi D (Pendidikan) ketua dijabat Damroni Chudlori (PKB) dengan wakil Zahlul Yussar (Demokrat) dan Sekretaris Kasipah (PDI-P).

Anggota komisi D terdiri dari Mimik Idayana (Gerindra), Ali Sutjipto (Golkar), Aditya Nindyatman (PKS), Wisnu Pradono (PDIP), Ainun Jariyah (PKB), Saifuddin Afandi (PKB), Abdillah Nasih (PKB), Umi Kaddah (PPP) dan Bangun Winarso (PAN).

Paripurna juga menetapkan Badan Pembentukan Perda (Bapem Perda). Badan yang bertugas membuat Perda ini ketuanya dijabat Sudjalil asal PDI-P. Paripurna juga mengesahkan susunan Badan Kehormatan (BK), dengan ketua M Nizar.

Mayoritas ketua-ketua AKD ini dijabat wajah lama. Misalnya Bambang Pujianto, yang periode dewan lalu, juga menjabat Ketua Komisi B. Pun dengan Damroni, ketua Komisi D yang sebelumnya jadi pimpinan di Komisi B di periode 2014-2019.

Begitu juga Ketua BK, M Nizar, pernah wakil ketua Komisi C DPRD Sidoarjo periode 2014-2019. “Biar dapat ilmu baru,” cetus Adhi Samsetyo, kini jadi Sekretaris Komisi B. Diketahui Adhi pernah jadi pimpinan Komisi A, di DPRD Sidoarjo periode 2009-2014. (sta/ian)