Warga Tepian Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Butuh Bak Sampah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Warga Tepian Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Butuh Bak Sampah

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Sabtu, 21 September 2019 19:08 WIB

Ratusan relawan dari berbagai komunitas, organisasi, maupun lembaga melakukan bersih-bersih sampah di bantaran sungai Bengawan Solo dalam rangka World Clean Up Day Indonesia (WCDI).

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Bengawan Solo Kabupaten berharap adanya bak sampah, maupun pengelolaan daur ulang sampah yang disediakan.

Hal itu karena masyarakat yang tinggal di tepi bengawan mulai sadar untuk tidak membuang sampah di sungai. Namun, kesadaran tersebut tidak diimbangi dukungan dan dorongan dari pemerintah.

"Kami sadar bahwa selama ini warga sekitar, bahkan saya sendiri, masih membuang sampah di tepian Sungai Bengawan Solo. Hal ini lantaran tidak ada pilihan lain yang bisa dijangkau warga dalam penyediaan tempat sampah. Jadi kami berharap adanya bak-bak sampah yang dapat menampung sampah warga," ujar salah seorang warga Gang Tambangan 1, Kelurahan Jetak, Kabupaten , Mas Mud Sabtu, (21/9/19).

"Mau bagaimana lagi, kalau harus ke tempat pembuangan sementara (TPS) juga jauh. Akhirnya pilihannya membuang di tepian sungai," ujarnya.

Dia mengaku, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai sudah mulai terbentuk. Kesadaran serta pola pikir agar tidak membuang sampah di Bengawan itu terus ditanamkan dalam beberapa kali gelaran kegiatan kampung, baik dalam kegiatan sosial maupun kebudayaan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video