Ini Pemicu Pasien Gagal Ginjal di Blitar Meningkat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ini Pemicu Pasien Gagal Ginjal di Blitar Meningkat

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
Jumat, 20 September 2019 18:41 WIB

Ilustrasi

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Jumlah pasien gagal ginjal kronis di Kabupaten Blitar meningkat. Menurut data Dinas Kabupaten Blitar terhitung sejak Januari hingga September 2019, ada sebanyak 1.189 warga Blitar terdeteksi mengalami gagal ginjal kronis.

Kasi Penyakit Tidak Menular dan Jiwa Dinas Kabupaten Blitar, dr Muji Astuti mengatakan, mayoritas penderita masih berusia produktif. Bahkan ada yang masih berusia 19 tahun. "Data selama 2019 jumlahnya ada 1.189 kasus baru," ungkap Muji Astuti, Jumat (20/9/2019).

Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2018 lalu. Di mana selama tahun 2018 penderita gagal ginjal kronis kurang dari seribu penderita.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi meningkatnya pasien gagal ginjal kronis di Kabupaten Blitar. Selain pola hidup yang tidak sehat, yang perlu disoroti adalah pola konsumsi obat yang salah. Gagal ginjal terjadi, biasanya akibat terlalu banyak mengonsumsi obat anti nyeri seperti jenis steroid atau kortikosteroid maupun non steroid yang biasanya ada pada racikan obat setelan yang bisa dibeli bebas di pasaran.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video