KPU Pacitan Masuk Daerah Tercepat Dalam Penandatanganan NPHD Pemilu Bupati | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

KPU Pacitan Masuk Daerah Tercepat Dalam Penandatanganan NPHD Pemilu Bupati

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Rabu, 18 September 2019 20:05 WIB

Ketua KPU RI Arif Budiman saat melakukan penandatanganan NPHD di halking pendopo Pemkab Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Ketua KPU RI Arif Budiman sengaja berkunjung ke Pacitan guna menyaksikan sendiri kesiapan lembaga penyelenggara pemilu di tingkat kabupaten tersebut dalam melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati Tahun 2020. Selain itu, mantan komisioner KPU Provinsi Jatim tersebut juga menyaksikan penandatanganan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), antara dengan KPU Pacitan.

"Saya memberikan apresiasi, sebab Pacitan masuk yang cepat. Di antara 270 daerah yang sudah mendatangani NPHD, itu baru tiga. Yaitu Pilbup Provinsi Kepri, pemilihan Wali Kota Bitung, pemilihan bupati Saburaijua di NTT. Dan yang keempat pemilihan bupati di Pacitan. saya pikir ini perlu diapresiasi dan memberi inspirasi bagi banyak daerah yang belum tanda tangan, untuk segera tanda tangan. Kalau ada kerumitan atau kesulitan, mereka bisa belajar ke empat daerah yang sudah tanda tangan. Pasti yang sudah tanda tangan ini sudah mempertimbangkan, membahas, dan memutuskan banyak hal sehingga bisa tanda tangan," kata Arif Budiman, saat memberikan keterangan pers usai melakukan penandatanganan NPHD di halaman wingking Pendopo , Rabu (18/9).

Soal penjabaran anggaran dalam pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati, lanjut Arif, akan dibahas tim teknis KPU dengan pemerintah daerah. "Tapi yang jelas, prinsipnya sudah ditandatangani. Jumlahnya sudah disepakati. Uraian detilnya di bagian mana, berapa banyak, kapan dicairkan, itu tim teknis KPU dan pemerintah kabupaten," jelasnya.

NPHD tersebut akan dipergunakan untuk membiayai seluruh tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati. "Semua tahapan pilkada ada berapa, dua belas ya? Saya agak lupa. Dimulai dari menyusun program anggaran kegiatan, pemuktahiran data pemilih, kemudian kampanye logistik, pencalonan, debat, sosialisasi. Macam-macam itu, nanti yang saya sebutkan itu diuraikannya lagi," tukas Arif.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video